Musykernas 2024 Persyadha, Konsep Baru Lebih Singkat

A VPN is an essential component of IT security, whether you’re just starting a business or are already up and running. Most business interactions and transactions happen online and VPN
Pic: Bagus S

Surabaya – Musyawarah Kerja Nasional (Musykernas) Tahun Khidmah 2024 Yayasan Persyada Al Haromain telah usai dilaksanakan pada Hari Sabtu (16/12/2023). Untuk ketiga kalinya, Gedung Kartini Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Timur di Jl. Ketintang Wiyata No.15, Surabaya dipilih sebagai venue kegiatan. Meski berada di tempat yang sama seperti dalam dua tahun sebelumnya, namun pelaksanaan kali ini cukup menarik perhatian karena hanya dilaksanakan satu hari. Sebagai perbandingan, Musykernas tahun 2023 lalu diselenggarakan selama dua hari yakni dari tanggal 24 sampai 25 Desember 2022. Sedangkan Musykernas tahun 2022 dan 2021 diselenggarakan selama tiga hari.

Ringkasnya kegiatan Musykernas kali ini salah satunya karena ditiadakannya sesi pemaparan program kerja badan otonom dan cabang/far’i. Pada musykernas sebelumnya, pemaparan proker far’i bisa memakan waktu hingga 10 jam dengan rincian setiap far’i mendapatkan alokasi 15 sampai 30 menit serta tambahan waktu diskusi. Sementara itu, pemaparan program departemen dan badan otonom bisa memakan waktu hingga 45 menit perunit.

Pada Musykernas kali ini, departemen tetap diberi kesempatan memaparkan program kerja mereka. Sebelumnya, sesi pemaparan ini tidak termuat dalam jadwal, namun karena untuk mengisi jeda waktu yang kosong, sesi ini diadakan kembali. Pemaparan hanya dilakukan satu arah tanpa ada diskusi.

Peniadaan sesi pemaparan dan diskusi bukan bermaksud mengurangi esensi musyawarah. Sebelumnya pemaparan program kerja departemen dan badan otonom telah disampaikan kepada para ketua far’i pada saat Sosialisasi Program Kerja (3/12/2023). Sedangkan untuk program kerja far’i, pengurus harian hanya meminta para ketua far’i mengumpulkan dokumen program kerjanya masing-masing.

Dengan konsep tersebut, kegiatan Musykernas dapat dipersingkat. Kegiatan juga dapat lebih fokus pada pesan dan arahan yang disampaikan Aminul Aam, Abina K.H. M. Ihya Ulumiddin dalam sesi taushiyah. Begitu juga dengan pesan dan arahan Naibul Amin, K.H. Imam Mawardi.

Dewan Pengawas Yayasan yang diwakili oleh Ust. Agung Supangkat, S.H. mengapresiasi penyelenggaraan Musykernas yang lebih ringkas ini. Beliau juga mengapresiasi diselenggarakannya Musykernas sebelum masuk tahun khidmah 2024. Menurutnya ini merupakan suatu kemajuan dewan pengurus dalam melaksanakan manajemen Yayasan.

Pewarta: TI Haryadi

Berita Terbaru

eNHa TV

Masukkan kata pencarian disini