Khutbah Jum’at – Tiga Hal Tidak Boleh Bosan

A VPN is an essential component of IT security, whether you’re just starting a business or are already up and running. Most business interactions and transactions happen online and VPN
Tiga hal tidak boleh bosan

Khutbah Jum’at – Tiga Hal Tidak Boleh Bosan

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى سيدنا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن
عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ قَالَ اللهُ تَعَالَى: يَاأَيّهَا النَاسُ اتّقُوْا رَبّكُمُ الّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتّقُوا اللهَ الَذِي تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَام َ إِنّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Hadirin Jamaah Jum’ah hafidhokumullah

Kembali kami menyampaikan puji syukur ke hadirat Alloh swt. Yang telah melimpahkan karunia dan rahmat-Nya kepada kita. Sehingga kita masih dapat menikmati kehidupan ini dengan baik. Shalawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw sebagai Nabi dan Rasul yang diamanatkan untuk membimbing umat manusia agar selamat hidupnya di dunia hingga akhirat.

Mari kita tingkatkan iman dan takwa kita kepada Alloh swt dengan sebenar-benarnya takwa melalui pembuktian amal saleh sehari-hari yang dipraktikan secara umum ataupun ritual. Karena memang kewajiban manusia di dunia ini semata-mata hanya untuk mengabdi kepada-Nya.

Baca juga: Empat Sikap Hidup Manusia

Hadirin Jamaah Jum’ah hafidhokumullah

Hidup di dunia ini banyak sekali yang menyebabkan manusia menjadi bosan. Entah karena lelah, capek, atau karena sebab lainnya. Dengan kebosanan itu menyebabkan hidup menjadi tidak semangat dan tidak bergairah, akhirnya harapan dan cita-cita kandas ditengah jalan
Di antara kebosanan-kebosanan tersebut, ada tiga hal yang tidak boleh kita merasa bosan apapun yang terjadi. Kita akan terus berjuang melakukannya tanpa kenal lelas hingga kematian menjemput, karena untuk ini kita tercipta di atas muka bumi yang fana ini.

Pertama, tidak boleh bosan dalam beribadah.

Beribadah adalah tujuan pokok diciptakan manusia. Hal ini sangat jelas Alloh cantumkan dalam Al-Qur’an surat Az-Zariyat [51]: 56:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.”

Dalam ayat tersebut yang dimaksud dengan mengabdi adalah beribadah kepada Alloh. Di antara ibadah yang utama adalah bersifat ritual yang berkaitan dengan hablum minallah, seperti shalat, dzikir, dan membaca Al-Qur’an.

Jika keempat hal ini kita lakukan dengan ikhlas, khusyu’ dan sungguh-sungguh, maka kita akan mendapat manfaat yang luar biasa dari sisi duniawi dan ukhrawi. Dengan shalat akan mencegah diri dari perbuatan keji dan munkar, dengan dzikir hati akan tenang, dengan doa semua hajat dikabulkan dan dengan membaca Al-Qur’an iman akan terus bertambah.

Ketika manfaat dari ibadah-ibadah ini kita dapatkan, sungguh nikmat dan bahagia terasa meliputi jiwa. Akhirnya menjadi suatu kebutuhan yang mengasyikkan dan tidak akan pernah mau ditinggalkan, bahkan makin semangat dan tekun dalam melaksanakannya.

Baca juga: Khutbah Jumat – Hindari Generasi yang Lemah

Hadirin Jamaah Jum’ah hafidhokumullah

Kedua, kita tidak boleh bosan dalam belajar.

Perintah belajar itu terdapat dalam surat Al-Alaq [96]: 1-5:

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ(١) خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ(٢) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ(٣) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ(٤) عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ(٥) َ

1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan, 2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. 3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia, 4. Yang mengajar (manusia) dengan pena, 5. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.

Belajar itu meliputi tiga hal, yaitu membaca, mendengar dan menulis. Dengan membaca akan terbuka wawasan pengetahuan yang luas, dengan mendengar akan bertambah kecerdesan dan dengan menulis akan mempertajam daya ingat.

Belajar itu tidak mesti dibangku sekolah/kuliah. Kita bisa belajar tentang apa saja di alam yang luas ini. Justru alam yang luas ini merupakan kampus pengetahuan raksasa yang takkan pernah habis dipelajari. Fakta menunjukkan banyak sekali ilmuan yang menemukan ilmu-ilmu baru yang spektakuler di alam ini, bukan dikampus/perguruan tinggi tempat mereka belajar. Hasil dari belajar ini adalah semakin mantap di hati akan MahakuasaNya Alloh akan alam semesta ini.

Hadirin Jamaah Jum’ah hafidhokumullah

Ketiga, tidak boleh bosan berbuat baik.

Berbuat baik itu pengertiannya luas, yaitu apa saja yang dinilai baik, positif dan bermanfaat, itu adalah bagian dari perbuatan baik atau dalam agama disebut amal shalih. Kita dapat berbuat baik dimana saja dan kapan saja. Mulai dari hal-hal yang ringan sampai yang berat. Berbuat baik itu bisa dengan ucapan, sikap ramah atau perbuatan.

Disekitar kita banyak sekali hal-hal yang baik yang bisa kita lakukan seperti membersihkan rumah, merapikan kamar, mencuci, sterika dan lain sebagainya. Di tempat kerja kita bisa merapikan file, membuat perencanaan, diskusi, membuat laporan dan lain sebagainya. Di lingkungan kita bisa menyiram tanaman/pohon, membersihkan got, menyapu, membakar sampah dan lain sebagainya.

Bila berbuat baik ini menjadi budaya dalam keseharian kita, maka amanlah dunia ini. Komunikasi dengan sesama akan terbangun secara aktif. Tempat tinggal, tempat kerja dan lingkungan sekitar menjadi bersih, rapih, nyaman dan menyenangkan. Sehingga suasana hidup menjadi lebih indah, terarah, harmonis dan penuh bahagia.

Semoga ada manfaat bagi diri kami pribadi khususnya, dan bagi jamaah seluruhnya. Aamiin.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فيِ القُرْآنِ العَظِيْمِ، وَنَفَعَنيِ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآياَتِ وَالذِّكْرِ الحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنيِّ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ َإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ. أَقُوْلُ قَوْليِ هذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ ليِ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ وَالمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Khutbah Jum’at – Tiga Hal Tidak Boleh Bosan ditulis oleh M. Ayyub Syafii, Kepala Biro Data & Informasi Persyadha

Artikel Terbaru

eNHa TV

Masukkan kata pencarian disini