Taklim Sabtu Ketiga, Perdana Bersama K.H. Wahab

Kategori liputan memuat semua berita acara kegiatan di lingkungan Yayasan Persyada Al Haromain.

Surabaya – Pada Sabtu malam (16/12/2023) ba’da Isya, dari Ruang Taklim Sentra Dakwah Al Haromain Ketintang, Surabaya terdengar lantunan shalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Para pemuda dari beberapa pesantren mahasiswa memainkan alat hadrahnya dengan padu mengiringi vokal yang melantunkan syair-syair sanjungan kepada Nabi. Kegiatan tersebut merupakan bagian pembuka Majelis Shalawat dan Taklim Sabtu Ketiga, kajian yang sudah rutin diselenggarakan Bidang Pembinaan Departemen Kemahadan Pembinaan dan Dakwah Yayasan Persyada Al Haromain. Setelah bulan lalu diisi dengan Khataman Kitab Jalau al-Afham Syarh ‘Aqidatu al-Awam bersama Abina K.H. M. Ihya Ulumiddin, kali ini kajian diisi dengan ngaji Kitab Fathu al-Qarib al-Mujib ‘ala Tahdzib al-Targhib wa al-Tarhib bersama K.H. Abdul Wahab Anshor.

Kitab Fathu al-Qarib al-Mujib ‘ala Tahdzib al-Targhib wa al-Tarhib sendiri merupakan kitab yang disusun oleh al-Alim al-Alamah al-Sayyid Alawi bin Abbas al-Maliki dan telah disyarahi oleh puteranya, Abuya al-Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki. Kitab ini disusun berdasarkan kurikulum Madrasah Al-Falah, sebuah lembaga pendidikan yang telah berdiri lebih dari seratus tahun di Mekah dan telah meluluskan banyak ulama besar termasuk di antaranya Abuya al-Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki. Sedangkan K.H. Abdul Wahab Anshor merupakan alumni Ma’had Pengembangan dan Dakwah Nurul Haromain Pujon yang diasuh Abina K.H. M. Ihya Ulumiddin serta alumni ma’had yang diasuh Abuya al-Sayyid Ahmad bin Muhammad al-Maliki di Rushaifah, Mekah.

Di dalam pembukaan ngaji Kitab Fathu al-Qarib al-Mujib ini, K.H. Abdul Wahab Anshor menyampaikan mukadimah kitab. Mukadimah tersebut memuat pesan-pesan ketakwaan dan anjuran beramal mengikuti Nabi Muhammad. Dimuat pula di dalamnya pentingnya ilmu, terutama ilmu al-nafi’ (ilmu yang bermanfaat) dan keutaman para pencari ilmu.

Selain menyampaikan mukadimah, K.H. Abdul Wahab Anshor juga memberikan usulan agar diselenggarakan kajian kitab maulid. Hal itu karena di dalamnya dimuat pujian dan kisah-kisah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam beserta para sahabat. Diharapkan dengan kajian tersebut dapat meningkatkan pemahaman terhadap apa yang dibaca dalam maulid.

Link Youtubue

 

Pewarta: TI Haryadi

Artikel Terbaru

eNHa TV

Masukkan kata pencarian disini