Sukses Penyelenggaraan Dzikir Jama’i Nasional Kesembilan di Bangkalan (Artikel 1 dari Edisi Khusus DJN ke-IX)

A VPN is an essential component of IT security, whether you’re just starting a business or are already up and running. Most business interactions and transactions happen online and VPN

Sukses Penyelenggaraan Dzikir Jama’i Nasional Kesembilan di Bangkalan (Artikel 1 dari Edisi Khusus DJN ke-IX)

Acara DJN kali ini bisa dikatakan yang terbesar yang pernah diselenggarakan di GP dengan kehadiran lebih dari 5000 orang.

Jamaah mulai berdatangan menghadiri UTM Bersholawat bersama Dzikir Jama’i Nasional ke-IX di UTM, Bangkalan (07/07/2024). (NL)

BANGKALAN, PERSYADHA – Sejak pagi, hari Ahad (07/07/2024) Gedung Pertemuan R.P. Mohammad Noer di kompleks Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Bangkalan ramai dengan kedatangan bus, elf, dan kendaraan bermotor lainnya. Mereka membawa rombongan jamaah dari berbagai daerah. Sebagian besar berasal dari Jawa Timur. Ada dari sesama Madura, Surabaya, Malang, Tulungagung, hingga Banyuwangi. Ada pula jamaah dari luar Jawa Timur seperti Solo, Yogyakarta, dan Cilacap. Sebagian besar jamaah memakai pakaian syar’i serba putih. Ada pula yang memakai seragam kebanggaan kelompok jamaah masing-masing. Mereka semua datang untuk satu tujuan, mengikuti kegiatan UTM Bersholawat dan Dzikir Jama’i Nasional ke-IX.

Memperingati Tahun Baru Hijriah

Acara UTM Bersholawat bersama Dzikir Jama’i Nasional ke-IX di Gedung Pertemuan R.P. Mohammad Noer UTM, Bangkalan (07/07/2024). (NL)

Sejatinya Dzikir Jama’i Nasional (DJN) adalah acara yang diselenggarakan Persyarikatan Dakwah Al Haromain (Persyadha) setiap tanggal 1 Muharrom atau tahun baru Islam. Jika momen tahun baru masehi identik dengan tradisi hura-hura dan kecenderungan yang mengarah kepada kesia-siaan dan kemaksiatan, maka pada momen tahun baru hijriah, Abi K.H. M. Ihya Ulumiddin selaku Aminul ‘Aam Persyadha mengarahkan jamaah untuk memperbanyak dzikir kepada Alloh. Epoch kalender hijriah yang dimulai pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad shollallohu ‘alaihi wasallam syarat akan makna perjuangan menuju ridho Alloh. Terlebih, bulan Muharrom merupakan salah satu dari empat bulan mulia di dalam kalender Hijriah. Sehingga tepat jika pada waktu spesial tersebut digunakan untuk memperbanyak dzikir kepada Alloh.

Dies Natalis ke-23 UTM

Berangkat dari kesuksesan penyelenggaraan di area kampus pada DJN ke-VIII di Universitas Brawijaya, Malang, pengurus Yayasan Persyada Al Haromain selaku penyelenggara memutuskan bekerja sama dengan Universitas Trunojoyo Madura untuk menyelenggarakan DJN ke-IX. Secara kebetulan UTM sedang pada peridoe penyelenggaraan Dies Natalis atau peringatan hari kelahiran yang ke-23 yang dimulai pada akhir bulan Mei hingga bulan Juli 2024. DJN ke-IX pun kemudian dimasukkan di dalam kalender kegiatan Dies Natalis ke-23 UTM dengan nama UTM Bersholawat dan Dzikir Jama’i Nasional ke-IX. Far’i Bangkalan sebagai perwakilan Yayasan di Kabupaten Bangkalan ditunjuk sebagai pelaksana teknis acara.

Apresiasi UTM kepada Persyada Al Haromain

Rektor UTM, Dr. Safi, S.H., M.H. memberikan sambutan dalam acara UTM Bersholawat bersama Dzikir Jama’i Nasional ke-IX di Bangkalan (07/07/2024). (NL)

Di dalam acara UTM Bersholawat dan Dzikir Jama’i Nasional ke-IX, Rektor UTM menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Abi K.H. M. Ihya Ulumiddin dan Persyada Al Haromain atas kerja sama penyelenggaraan acara tersebut. Rektor UTM juga mengapresiasi kehadiran ribuan jamaah di Gedung Pertemuan R.P. Mohammad Noer atau yang sering disebut GP tersebut. Acara DJN kali ini bisa dikatakan yang terbesar yang pernah diselenggarakan di GP dengan kehadiran lebih dari 5000 orang. Ruang utama GP yang memang berkapasitas 5000 orang sampai tidak cukup menampung banyaknya jamaah sehingga sebagian jamaah duduk di tribun gedung.

Jalannya acara DJN ke-IX

Abi K.H. M. Ihya Ulumiddin (kedua dari kiri) memberikan ijazah amaliyah dzikir jama’i kepada Rektor UTM (tengah) dalam acara UTM Bersholawat bersama Dzikir Jama’i Nasional ke-IX di UTM, Bangkalan (07/07/2024). (radarmadura.jawapos.com)

UTM Bersholawat dan Dzikir Jama’i Nasional ke-IX dimulai pada pukul delapan pagi dengan diawali pembacaan sholawat oleh tim hadroh dari Pesantren Mahasiswa Al-Kayyis Bangkalan. Acara yang dipandu oleh pembawa acara Ustadz Abdulloh Ubaid tersebut kemudian dilanjutkan dengan pembayaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustadz Sodiq Muhsin dari Bangkalan dan pembacaan Fawatih yang dipimpin oleh Ammi K.H. Syihabbudin Syifa, pengasuh Ma’had Nurul Haromain Pujon, Malang. Acara dilanjutkan sesi sambutan oleh Ketua Yayasan Persyada Al Haromain, Dr. H. Soehardjoepri, M.Si. dan Rektor UTM, Dr. H. Safi, S.H., M.H.. Seusai memberikan sambutan, Rektor UTM menerima ijazah amaliyah (pengamalan) dzikir jama’i dari Abi. Salah satu sesi khusus dalam setiap penyelenggaraan DJN adalah testimoni pengamalan dzikir jama’i oleh apara dai utusan Abi. Ustadz Moh. Hayatul Ikhsan, dai yang berdakwah di Banyuwangi dan Ustadz Mukri dari jamaah Usroh, salah satu jamaah awal dakwah Abi di Surabaya ditunjuk untuk menyampaikan pengalamannya dalam berdakwah melalui media dzikir jama’i. Setelah penyampaian testimoni, acara puncak DJN dimulai dengan pembacaan dzikir jamai yang dipimpin oleh Abi K.H. M. Ihya Ulumiddin dilanjutkan dengan taushiyah beliau yang berjudul Al-Iktsar bidzikri Allah Ta’ala. Acara UTM Bersholawat bersama DJN ke-IX kemudian ditutup dengan pembacaan sholawat mahallu al-qiyam yang dipimpin Habib Hilmi bin Ja’far Baroqbah dan doa penutup oleh Abi. DJN kali ini meniadakan sesi musofahah atau bersalaman dengan Abi atas pertimbangan banyaknya peserta. Meski ditiadakan, sebagian tamu khusus dan panitia tetap diberi kesempatan untuk bersalaman dengan Abi.

 

Kontributor: TI Haryadi

Artikel Terbaru

eNHa TV

Masukkan kata pencarian disini