Rencanakan Ramadhanmu

A VPN is an essential component of IT security, whether you’re just starting a business or are already up and running. Most business interactions and transactions happen online and VPN

CAHAYA FAJAR | RENCANAKAN RAMADHANMU
oleh | AMS

Ramadhan tiba, ramadhan tiba, ramadhan tiba. Marhaban yaa ramadhan. Demikian lirik bunyi sebuah lagu menjelang ramadhan. Ramadhan sudah dihadapan. Selamat datang ramadhan. Bulan penuh rahmad, penuh barokah, penuh ampunan.

Amatlah rugi bagi seorang muslim yang apabila menjalani bulan ramadhan namun tidak mendapatkan barokah di dalamnya dan ampunan atas segala dosa dan kesalahan dirinya serta tidak keluar darinya dalam keadaan bersih tanpa noda.

Karena itu, jika kita ingin berhasil dalam menjalani bulan ramadhan, maka lakukan persiapan dan perencanaan yang matang. Karena gagal merencanakan sama dengan merencanakan gagal. Untuk itu, rencanakan segala aktivitas dan amal ibadah yang akan kita kerjakan selama bulan ramadhan. Kemudian tetapkan target pencapaian yang akan diraih selama bulan ramadhan.

Apa persiapan yang harus kita lakukan ?. Yang utama dan pertama adalah kuatkan niat penuh keikhlasan dan kebahagiaan menghadapinya untuk menjalani ibadah ketaatan kepada Allah swt. Karena niat adalah pemeguhan komitmen dasar tindakan, awal sekaligus akhir dari sebuah tindakan.

Niatkan ibadah dan memperbanyak melakukan kebaikan dan paksalah diri melakukan kebaikan. Lebih baik kita memaksa diri masuk sorga daripada ikhlas masuk neraka ‼.

Niatkan di bulan ramadhan ini untuk melakukan peningkatan ibadah dan perubahan diri menuju penghambaan pada Allah swt. Dalam niat juga sisipkan target percapaian dari seluruh amal ibadah yang akan dilakukan. Misal :

1. Niatkan untuk istiqomah bangun malam mulai jam 02.00 hingga setengah jam sebelum masuk waktu imsa’ untuk melaksanakan solat malam (solat taubah, solat hajat, solat tasbeh) di masjid, kemudian memperbanyak berdzikir pada Allah swt dengan memperbanyak istighfar (minimal 1000x), shalawat 1000x, hasbunallah wanikmal wakil 450x, yaa lathif 129x, dll.

2. Niatkan untuk memperbanyak baca alquran dengan target yang disesuaikan kemampuan diri kita. Namun paksalah diri kita untuk mencapai target tinggi. Misal target khatam 1 kali selama sebulan maka rencanakan dengan cara membaca secara rutin saat setiap bakda shalat fardhu sebanyak 2 lembar mushhaf. Jika target 2 kali khatam maka baca setiap bakda shalat fardhu 4 lembar mushhaf. Namun jika target 3 kali khatam maka baca setiap bakda shalat fardhu 6 lembar mushhaf. Lakukan dengan disiplin, penuh konsisten dan istiqomah. Niatkan pula akan dilanjutkan kebaikan ini hingga pasca ramadhan.

3. Niatkan untuk istiqomah solat fardhu secara berjamaah selama ramadhan baik di masjid ataupun dimanapun tempat. Serta niatkan untuk tidak putus melaksanakan shalat terawih selama bulan ramadhan baik berjamaah maupun sendiri dengan menperbanyak jumlah rakaatnya, misal 20 rakaat teraweh plus 3 rakaat witir sebagai upaya memperbanyak amal ibadah di bulan ramadhan.

4. Niatkan untuk banyak berbagi, bersedekah selama bulan ramadhan dengan target yang spesifik dan istiqomah, misal niatkan memberi takjil berbuka sekalipun hanya dengan beberapa bungkus minuman dan beberapa biji kurma baik yang dibagikan di masjid atau dijalanan bagi pengendara atau kelompok masyarakat tertentu. Niatkan pula berbagi rezeqi pada fakir miskin setiap hari dengan sejumlah uang tertentu, atau niat beberapa kali untuk mengajak tetangga atau teman berbuka bersama atau sahur bersama di rumah kita.

5. Niatkan diakhir ramadhan untuk menambah energi kekuatan dalam beribadah misal dengan bangun lebih awal sejak jam 00.00 untuk melaksanakan qiyamul lail dengan tambahan ibadah shalat, dzikir dan bacaan alquran hingga menjelang sahur.

6. Niatkan pula diakhir ramadhan untuk membayar zakat dan menyiapkan sejumlah sedekah terbaik yang bisa diberikan pada banyak orang baik fakir miskin maupun keluarga dan tetangga dekat atau jauh untuk saling berbagi kebagiaan menjelang dan saat hari raya.

7. Kemudian niatkan dan rencanakan daftar kunjungan silaturrahim terhadap sanak keluarga, tetangga dan teman dekat dan jauh pada bulan syawal untuk menguatkan hubungan dan niatkan untuk membawa sedikit hadiah yang bisa diberikan padanya, karena cara merekatkan hubungan salah satunya adalah saling berbagi hadiah.

Rencanakanlah berbagai amal kebaikan selama dan pasca ramadhan itu sejak sekarang agar rencana atau niat kita ini dicatat oleh Allah swt sebagai sebuah kebaikan. Kemudian berupayalah semaksimal mungkin untuk dapat mewujudkannya dengan semangat dan ikhlas.

Marilah kita berdoa semoga Allah swt menerima amal kebaikan kita selama bulan ramadhan dan memberikan keberkahan rahmadNya di dalamnya serta menjadikan jalan ampunan atas setiap kesalahan dan dosa kita selama ini. Semoga dosa kita dihapuskan olehNya di bulan ranadhan ini dan semoga kita keluar sebagai pemenang yang menyandang gelar al faaiziin al maqbuuliiin al mardhiyyiin. Aamiiiin…..

AMS.4.4.19
————————————————–
Penulis buku-buku berjudul : Hati Nurani Series

🌞🌸🌻🌷🌺💐🌹🌼🌞

#pesantrenleadership
#sekolahparapemimpin
#pesantrenmahasiswa
#tanwirulafkar
#tanwirulqulub
#HatiNuraniSeries
#motivatornasional
#guesthousegriyaizzah

Ayo_share_lagi_kebaikan ini_viralkan…!!!

Klik : www.insandinami.com

Artikel Terbaru

eNHa TV

Masukkan kata pencarian disini