Peresmian Masjid Al-Ghofur Sengon, Jombang oleh Abina

A VPN is an essential component of IT security, whether you’re just starting a business or are already up and running. Most business interactions and transactions happen online and VPN
SEKRETARIAT PERSYADHA

 

Jombang – Lantunan Shalawat Badar menggema dari pengeras suara Masjid Al-Ghofur di Jl. Kapten Tendean Gg. VI No.A2, Desa Sengon, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang saat Abina K.H. M. Ihya Ulimiddin turun dari kendaraannya menuju ke pelataran masjid pada hari Ahad siang (26/11/2023). Kedatangan Abi adalah dalam rangka menghadiri Peresmian Masjid Al-Ghofur dan Peletakkan Batu Pertama Sentra Dakwah Al Haromain Jombang. Masjid Al-Ghofur merupakan masjid yang didirikan dari swadaya masyarakat dan donatur di atas sebuah tanah wakaf yang dikelola Ustadz Ali Imron, Ketua Far’i Jombang. Peresmian masjid dilakukan secara simbolik dengan pembacaan doa wirid dan penandatanganan prasasti oleh Abi. Selain peresmian masjid, diadakan pula doa taksis dan peletakkan batu pertama pembangunan gedung Sentra Dakwah Al Haromain Jombang oleh Abi. Bangunan tersebut terletak di sebelah utara masjid dan direncanakan akan digunakan sebagai pusat dakwah dan pengembangan pendidikan agama mulai dari TPQ hingga pesantren. Hadir pula dalam kegiatan tersebut ketua takmir masjid Al-Ghofur, tokoh-tokoh desa, alumni Pesantren Nurul Haromain Pujon, perwakilan Yayasan Persyada Al Haromain, dan masyarakat Desa Sengon.

 

Ustadz Rofian Karim, mewakili Bidang Kema’hadan Yayasan Persyada Al Haromain ditunjuk untuk memberikan nasihat bagi para hadirin. Di antara pesan yang disampaikan salah satunya adalah bahwa semua yang ikut bekerja sama membangun Masjid Al-Ghofur termasuk bagian dari orang-orang yang membuka jalan menuju pusat (Allah) karena masjid merupakan tempat mendekat kepada Allah. Mereka akan mendapatkan pahala jika ada orang yang melakukan ibadah di masjid. Beliau juga mendoakan agar pengurus masjid kuat dalam memegang tanggung jawab. Mereka harus kebal terhadap kata-kata yang tidak baik sekaligus harus bekerja secara ikhlas meski tidak pernah diapresiasi kinerjanya oleh orang lain. Pengurus masjid juga diharapkan dapat menyelenggarakan majelis pengajian sebagai upaya meramaikan masjid.

Acara pada siang hari itu ditutup dengan ramah tamah dan pemberian ijazah ilmiah Kitab Jalau al-Afham Syarh ‘Aqidatu al-Awam oleh Abi kepada para santri yang hadir. Pemberian ijazah tersebut disambut antusias oleh para santri dengan menirukan dan menjawab ijazah dari Abi. Kegembiraan mereka semakin bertambah saat Abi memperkenankan mereka untuk mushafahah atau bersalaman dengan beliau dan bersedia memberikan tanda tangan bagi kitab yang mereka bawa. Selain acara peresmian dan peletakkan batu di siang hari, pada malam harinya pengurus masjid juga menyelenggarakan kegiatan shalawatan bersama masyarakat dengan mengundang Habib Hilmi bin Ja’far Baraqbah dan Ustadz Hasan Jauhari di pelataran masjid.

 

Pewarta: TI Haryadi

 

Artikel Terbaru

eNHa TV

Masukkan kata pencarian disini