Persyadha Al Haromain | Ikhlas Itu Keren

IKHLAS ITU KEREN

IKHLAS ITU KEREN

IKHLAS ITU KEREN, IKHLAS adalah rahasia antara manusia dengan Alloh Ta’ala.

Posisi keikhlasan terletak di HATI, maka sangat mungkin seseorang mengaku ikhlas di mulut, namun hatinya berkata berbeda.

Oleh karena itu, hanya dirinya sendiri dan Alloh Ta’ala semata yang mengetahui apakah ia telah benar-benar IKHLAS ataukah TIDAK.

Sesuatu yang sulit namun harus kita lakukan di dalam kehidupan dan penghidupan di dunia ini adalah IKHLAS.

Ikhlas itu. Ketika nasehat, kritik dan bahkan fitnah, tidak mengendorkan amalmu dan tidak membuat semangatmu punah.

Ketika hasil tak sebanding usaha dan harapan, tak membuatmu menyesali amal dan tenggelam dalam kesedihan.i

khlas itu, Ketika amal tidak bersambut apresiasi sebanding, tak membuatmu urung bertanding.

Ketika niat baik disambut berbagai prasangka, kamu tetap berjalan tanpa berpaling muka.

Ikhlas itu. Ketika sepi dan ramai, sedikit atau banyak, menang atau kalah, kau tetap pada jalan lurus dan terus melangkah.

Baca Juga : Kenangan Di Masjid di Masjid Jami’ Kota Malang

IKHLAS ITU KEREN, Ketika kau lebih mempertanyakan apa amalmu dibanding apa posisi mu, apa peranmu dibanding apa kedudukanmu, apa tugasmu dibanding apa jabatanmu.

Ikhlas itu, Ketika ketersinggungan pribadi tak membuatmu keluar dari barisan dan merusak tatanan.

Ketika posisimu di atas, tak membuatmu jumawa, ketika posisimu di bawah tak membuatmu enggan bekerja.

Ikhlas itu, Ketika khilaf mendorongmu minta maaf, ketika salah mendorongmu berbenah, ketika tertinggal mendorongmu mempercepat kecepatan.

Ketika kebodohan orang lain terhadapmu, tidak kau balas dengan kebodohanmu terhadapnya, ketika kedzalimannya terhadapmu, tidak kau balas dengan kedzalimanmu terhadapnya.

Ikhlas itu, Ketika kau bisa menghadapi wajah marah dengan senyum ramah, kau hadapi kata kasar dengan jiwa besar , dan ketika kau hadapi dusta dengan menjelaskan fakta dan data.

Kita sudah berusaha dengan maksimal dibarengi dengan doa yang terkadang hasilnya tidak seperti yang diharapkan dan kita menerimanya dengan tetap penuh syukur.

Di dalam al-Qur’an, kata IKHLAS beserta derivasinya disebutkan sebanyak 31 kali. Terulang 2 kali pada kata akhlasa dengan pelaku yang berbeda,

20 kali pada kata mukhlis/mukhlisin/mukhlisun, 1 kali pada kata khalasa, 7 kali pada kata khalish/khalishah, dan 1 kali pada kata astakhlishu.

Banyaknya penyebutan kata ikhlas beserta derivasinya barangkali bertujuan agar umat manusia dapat menjadi orang-orang yang ikhlas dalam segala hal.

Baca Juga : Kesabaran Yang sempurna

Alloh Subhanaahu wa Ta’ala berfirman :

“Katakanlah, “Tuhanku menyuruhku untuk berlaku adil. Dan hadapkanlah wajahmu (kepada Alloh) pada setiap shalat, dan sembahlah Dia dengan mengikhlaskan ibadah semata-mata hanya kepada-Nya.

Kamu akan dikembalikan kepada-Nya sebagaimana kamu diciptakan semula.” (Q.S Al-A’raf: 29)

“Padahal mereka hanya diperintah untuk menyembah Alloh dengan ikhlas dalam beragama secara lurus, dan juga agar mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat.

Dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar).” (Q.S Al-Bayyinah: 5)

IKHLAS memiliki kedudukan yang sangat penting dalam islam. Kualitas baik buruknya amal perbuatan seseorang sangat bergantung pada keikhlasannya dalam beramal.

Semoga beberapa ayat alquran tentang ikhlas di atas bisa menjadi nasehat bagi kita untuk selalu berusaha menghadirkan keikhlasan dalam seluruh aktifitas yang kita kerjakan.

kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat

Semoga semuanya tetap sehat dan bahagia, jika ada yang sakit semoga lekas sehat dan disembuhkan Alloh Ta’ala.

Alloh Ta’ala senantiasa membimbing Kita Untuk Selalu dalam kebaikan dan kebahagiaan hidup.

IKHLAS ITU KEREN, Semoga kita terus istiqomah dalam beribadah, senantiasa mensyukuri nikmat Alloh Ta’ala dan diberi kekuatan oleh Alloh Ta’ala utk menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna, Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin