Bulan Rajab #1

A VPN is an essential component of IT security, whether you’re just starting a business or are already up and running. Most business interactions and transactions happen online and VPN

Sejenak Pagi | Bulan Rajab 1️⃣

Tak terasa kita sudah memasuki bulan Rojab, suatu bulan yang penuh keutamaan di dalam. Dan ia disebut rojab karena artinya ‘adhim (agung), hal itu pantas disandangnya karena di dalamnya ada kejadian besar yaitu isra’ mi’raj. Dan rojab adalah salah satu bulan dari 4 bulan(asyhurul hurum) yang dimulyakan Alloh Ta’ala.

Dalam al-Qur’an al-Karim, (al-Taubah : 36) disebutkan, “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Alloh ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Alloh di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu”.

Dalam ayat ini jelas sekali, adanya larangan berbuat aniaya pada bulan haram,dan diantara aktifitas aniaya adalah perbuatan maksiat. Maka pantaslah bulan ini kita sebut bulan Anti Maksiat.

Yang dimaksud dengan bulan haram ialah empat bulan seperti yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Muslim dalam shahihnya dalam sebuah hadits dari sahabat Abu Bakrah ra, bahwasanya Nabi saw berkhutbah ketika Hajjatul-wada’. Dalam khutbahnya beliau bersabda, “Sesungguhnya masa telah berputar seperti sediakala pada hari Alloh Ta’ala menciptakan langit dan bumi. Satu tahun, dua belas bulan. Empat di antaranya bulan-bulan haram (yang dimuliakan). Yang tiga berturut-turut, yaitu Dzul-Qa’dah, Dzul-Hijjah dan Muharram serta (yang keempat) Rajabnya Mudlar yang diapit oleh Jumada dan Sya’ban”
(lihat dziroyaat wa munaasabaat, As sayyid Muhammad bin alwi almaliki,hal.125)

Di antara keistimewaan bulan-bulan haram dari pada bulan-bulan selainnya ialah:

A. Di bulan ini, latih diri kita untuk menghindari maksiat,karena bulan ini adalah bulan anti maksiat,ini yang dimaksud oleh Surat At Taubah 36, falaa tazhlimuu fi hinna anfusakum (maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu).

Insyaa Alloh nyambung besok Ahad

Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad, Wa ‘ala Aali Sayyidina Muhammad

Wallahu A’lam Bisshawab

Yaa Alloh Yaa Robb…
Ampunilah dosa dan kesalahan Murrobi dan guru² kami.
Ampunilah kedua orang tua kami, ampunilah kami, keluarga kami dan saudara² kami.

Yaa Alloh Yaa Robb…
Sehat dan sembuhkan saudara dan sahabat kami yang sakit.
Jadikanlah sebaik-baik amal kami pada penutupannya.
Jadikan kami dan keluarga kami sehat dzohir dan bathin.
Lindungilah kami dari berbagai penyakit, bencana dan kesulitan lainnya.
Jadikan kami, insan yang pandai bersyukur dan bisa membahagiakan orang lain.
Jadikan kami menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Jadikan negri ini menjadi lebih baik.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

youtube.com/@djoeprichannel
sejenakpagi
????❤????

Artikel Terbaru

eNHa TV

Masukkan kata pencarian disini