Al Hujurat : 13

Sejenak Pagi | Al Hujurat : 13

Pembukaan Piala Dunia Sepak Bola tahun 2022 di QATAR kemarin, dibacakan ayat suci Al Qur’an Surat Al Hujurat ayat 103. Dalam surat Al Hujurat ayat 13, salah satu kandungannya adalah dapat menjadi landasan untuk menghapuskan diskriminasi yang terjadi saat ini.
Surat Al Hujurat ayat 13 ini menghapus sistem kasta dalam masyarakat arab pada saat itu.
Juga menegaskan bahwa sebagai hamba Alloh Ta’ala, bukan harta bentuk rupa atau status pekerjaan yang menentukan keutamaan sebagai hamba Alloh Ta’ala, tetapi KETAQWAAN yang dilihat oleh Alloh Ta’ala.

Surat Al Hujurat termasuk golongan surat Madaniyah, yakni turun setelah Rasululloh Sholallohu “Alaihi Wasallam hijrah ke Madinah. Al Hujurat bermakna kamar-kamar yaitu kamar keempat kediaman Rasululloh Sholallohu ‘Alaihi Wasllam Bersama istri-istri beliau. Salah satu yang sering menjadi sorotan adalah Al Hujurat ayat 13. Pada ayat itu tidak menggunakan panggilan kepada orang-orang beriman. Melainkan ditunjukkan kepada seluruh umat manusia. Surat Al-Hujurat ayat 13 adalah salah satu ayat yang prinsip dasar hubungan manusia. Ayat ini juga menegaskan kesatuan asal-usul manusia dengan menunjukkan derajat kemanusiaan yang selalu sama di sisi Alloh Ta’ala.

Alloh Ta’ala Berfirman:
“Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya, orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Alloh ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Alloh Maha Mengetahui lagi Maha Teliti”
(QS. Al Hujurat : 13)

Kandungan surat Al Hujurat ayat 13 terdapat konsep Pendidikan multikultural. Di dalamnya terdapat pemahaman tentang keragaman dan perbedaan melalui sunnatulloh.
Hidup dengan mengakui egaliter (persamaan manusia), persaudaraan (ukhuwah), saling tolong menolong, dan saling mengenal. Multikultural yang terkandung di dalamnya menurut Prof. Hamka, antara lain: al-musawah (persamaan atau kesetaraan), ukhuwah (persaudaraan), ta’aruf (saling mengenal), dan tasamuh (toleransi).

Selain itu, kandungan lain yang terdapat pada surat Al Hujurat ayat 13 adalah:

1️⃣Memberitahukan bahwa manusia berasal dari satu keturunan yakni Nabi Adam.AS dan Bunda Hawa. Sehingga pada hakikatnya mereka setara.

2️⃣Keragamanan adalah sunatulloh, karena Alloh Ta’ala menjadikan manusia berkembang sehingga menjadi berbangsa-bangsa dan bersuku-suku.

3️⃣Keragaman bukanlah dengan berpecah belah tetapi untuk saling mengenal dengan pengenalan yang baik, akan terjalin kedekatan, kerja sama dan saling memberikan manfaat.

4️⃣Seluruh manusia setara di hadapan Alloh Ta’ala. Yang membedakan adalah ketakwaannya. Dan manusia yang paling mulia di sisi Alloh Ta’ala adalah yang paling bertakwa. Alloh Ta’ala Maha Mengetahui Segala hal yang dilakukan oleh manusia, termasuk tingkat ketaqwaannya dan bagaimana sikapnya terhadap manusia lainnya khususnya terkait keragaman.

5️⃣Ayat ini mengajarkan kesetaraan, toleransi (diluar aqidah), dan kerja sama serta menghapus diskriminasi.

Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad, Wa ‘ala Aali Sayyidina Muhammad

Wallahu A’lam Bisshawab

Yaa Alloh Yaa Robb…
Ampunilah dosa dan kesalahan Murrobi dan guru² kami.
Ampunilah kedua orang tua kami, ampunilah kami, keluarga kami dan saudara² kami.

Yaa Alloh Yaa Robb…
Sehat dan sembuhkan saudara dan sahabat kami yang sakit.
Jadikanlah sebaik-baik amal kami pada penutupannya.
Jadikan kami dan keluarga kami sehat dzohir dan bathin.
Lindungilah kami dari berbagai penyakit, bencana dan kesulitan lainnya.
Jadikan kami, insan yang pandai bersyukur dan bisa membahagiakan orang lain.
Jadikan kami menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Jadikan negri ini menjadi lebih baik.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.com
@sejenakpagi.official
😊❤👍