Sejenak Pagi #5

A VPN is an essential component of IT security, whether you’re just starting a business or are already up and running. Most business interactions and transactions happen online and VPN

Perselingkuhan Bagian-1

Mempertahankan sebuah hubungan atau pernikahan menjadi tugas yang membutuhkan perjuangan dan pengorbanan besar. Terlebih lagi mempertahankannya dari godaan perselingkuhan. Orang yang menyatakan bahwa selingkuh itu indah hanyalah orang yang sedang menjalaninya. Pasangan yang diselingkuhi tentunya tidak merasakan bahwa hal itu indah. Ia akan merasakan derita dan sakit hati karena dikhianati oleh orang yang dicintai dan dipercaya. Banyak pula orang yang beranggapan bahwa jika tidak melibatkan fisik, itu berarti dirinya tidak selingkuh.

Definisi Selingkuh Menurut Islam
Namun selingkuh dari jarak jauh sekarang ini sudah sangat mungkin berkat adanya media sosial serta telepon genggam. Bertukar pesan mesra tanpa diketahui pasangan pun sudah bisa disebut berselingkuh. Bagi orang yang masih berpacaran, selingkuh akan menjadi salah satu penyebab putus cinta. Akan tetapi selingkuh akan lebih besar lagi akibatnya bagi orang yang sudah menikah. Terutama akibatnya bagi orang yang menikah dalam islam dan berselingkuh. Berikut adalah penjelasan mengenai Selingkuh Menurut Islam  :

Secara garis besar, selingkuh artinya yaitu menyembunyikan sesuatau demi kepentingan diri sendiri. Sesuatu yang disembunyikan itu umumnya dari pasangannya sendiri. Orang yang berselingkuh juga kerap kali menampilkan ciri2 org berbohong menurut psikologi dan ciri – ciri orang berbohong dilihat dari fisik.

Sedangkan selingkuh dalam Islam dikenal dengan istilah al khianah az zaujiyyah, yang artinya seseorang yang berpaling kepada orang yang bukan pasangannya. Dengan kata lain, selingkuh dalam Islam artinya adalah khianat. Orang yang berselingkuh berarti tidak memegang amanat yang diberikan oleh pasangannya agar selalu setia.

Dalil Tentang Selingkuh

Walaupun tidak melibatkan perbuatan fisik seperti berzina, namun pihak yang berselingkuh juga bisa melakukan zina hati. Orang yang tidak ingat tentang cara menjaga kesehatan hati dan cara menjaga pandangan mata akan mudah mengalami hal tersebut. Apalagi jika sampai melibatkan hubungan fisik dengan selingkuhannya, maka sudah jelas bahwa selingkuh itu adalah berzina. Ada beberapa dalil dalam agama Islam tentang perzinaan yang dimulai dari perselingkuhan:

Firman Allah Ta’ala dalam Al Qur’an tentang zina telah disebutkan dalam surat berikut ini:
“Dan janganlah kalian mendekati zina, karena sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan keji dan jalan yang buruk.” (QS. Al – Isra’ 32)

Dari kalimat diatas tersebut, sudah jelas bahwa selingkuh adalah perbuatan yang mendekati atau bahkan sama dengan perbuatan zina itu sendiri, maka umat muslim yang baik sudah seharusnya menghindari perbuatan selingkuh tersebut.

Sedangkan Rasululloh SAW juga bersabda melalui hadits yang dituturkan oleh Abu Hurairah RA yaitu:
” Sesungguhnya Allah telah menetapkan bagian dari zina untuk setiap manusia. Dia akan mendapatkannya dan hal itu tidak bisa dihindari. Zina mata dengan melihat, zina lisan dengan ucapan, zina hati dengan membayangkan dan gejolak syahwat, sedangkan kemaluan akan membenarkan atau mendustakan semuanya”
(HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits tersebut telah disebutkan beberapa kriteria yang bisa menunjukkan apabila seseorang sedang mempunyai ciri2 suami selingkuh dari istri dan ciri2 istri sekingkuh dari suami.

Hindarilah perselingkuhan, dekatkan diri kpd Alloh Ta’ala dan takutlah pada Alloh.
Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

?❤?

———————————
Ikuti perkembangan Persyadha terbaru melalui:
? Website: https://persyadha.org
? Video Taklim: youtube/taklimtube
? FanPage: fb/persyadha/
? Twitter: @persyadha

Artikel Terbaru

eNHa TV

Masukkan kata pencarian disini