Sejenak Pagi #190 Harta Benda Bagian 1

A VPN is an essential component of IT security, whether you’re just starting a business or are already up and running. Most business interactions and transactions happen online and VPN

Sejenak Pagi #190 Harta Benda Bagian 1

Pandangan Islam mengenai harta dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Pemiliki Mutlak terhadap segala sesuatu yang ada di muka bumi ini adalah ALLOH SWT. Kepemilikan oleh manusia bersifat relatif, sebatas untuk melaksanakan amanah mengelola dan memanfaatkan sesuai dengan ketentuanNya (QS al_Hadiid: 7).

Dalam sebuah Hadits riwayat Abu Daud, Rasululloh bersabda:
“Seseorang pada Hari Akhir nanti pasti akan ditanya tentang empat hal: usianya untuk apa dihabiskan, jasmaninya untuk apa dipergunakan, hartanya darimana didapatkan dan untuk apa dipergunakan, serta ilmunya untuk apa dipergunakan’’.

2. status harta yang dimiliki manusia adlah sebagai berikut :

A. Harta sebagai amanah (titipan) dari Alloh SWT. Manusia hanyalah pemegang amanah karena memang tidak mampu mengadakan benda dari tiada.

B. Harta sebagai perhiasan hidup yang memungkinkan manusia bisa menikmatinya dengan baik dan tidak berlebih-lebihan ( Ali Imran: 14).

Sebagai perhiasan hidup harta sering menyebabkan keangkuhan, kesombongan serta kebanggaan diri.
(Al-Alaq: 6-7).

C. Harta sebgai ujian keimanan. Hal ini menyangkut soal cara mendapatkan dan memanfaatkannya, apakah sesuai dengan ajaran Islam atau tidak
(al-Anfal: 28)

D. harta sebagai bekal ibadah, yakni untuk melaksankan perintahNyadan melaksanakan muamalah si antara sesama manusia, melalui zakat, infak, dan sedekah.(at-Taubah :41,60; Ali Imran:133-134).

Semoga harta kita bermanfaat utk diri, keluarga dan org lain.
Semoga menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
😊❤👍

Artikel Terbaru

eNHa TV

Masukkan kata pencarian disini