Sejenak Pagi #129 | Romadhon 26

Sejenak Pagi #129 Romadhon 26

🌸 SILATURAHIM 🌸

Interaksi sosial dengan manusia lain alias silaturahim ternyata memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan sistem imun dan pencegahan demensia. Ya, menyehatkan.

Semakin sering Anda berinteraksi, semakin besar pula kesempatan bagi Anda untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan risiko demensia yang lebih kecil.

Pesan orang orang alim:
🔹Silaturahim menyehatkan rohani.
🔹Silaturahim menyehatkan jasmani.
🔹Silaturahim memudahkan rezeki.

Satu lagi. Rata-rata, mood seseorang meningkat sekian persen ketika mereka tengah berkumpul bersama teman-temannya. Ya, menyehatkan rohani dan ujung-ujungnya menyehatkan jasmani.

Penelitian-penelitian yang dihelat terhadap mereka yang berusia panjang, ditemukan fakta bahwa mereka adalah orang-orang yang ramah, bersahabat, dan senang bersosialisasi. Wow!

Orang-orang seperti itu biasanya senang tertawa dan membagi perasaan dengan orang lain, ketimbang menyimpannya dalam hati. Berhubung dia ramah dan bersahabat, maka orang lain pun tak keberatan menerimanya.

Selanjutnya, simaklah dalil-dalil berikut ini:

“Sesiapa yang suka dilapangkan rezekinya  dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung tali silaturahim,” .
(HR Bukhari-Muslim)

Firman Alloh, “Aku adalah Ar-Rahman. Aku menciptakan ‘rahim’ dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Sesiapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga hak-Nya. Dan sesiapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus darinya,” (HR Ahmad)

Suatu ketika Nabi Muhammad menjelaskan tentang kunci surga, “Engkau menyembah Alloh dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahim,”
(HR Bukhari-Muslim)

Sedemikian besar manfaat silaturahim. Mungkin sebagian belum kita ketahui selama ini. Macam-macam istilahnya. Silaturahim boleh disebut interaksi sosial dan sosialisasi, boleh juga disebut networking.

Sekali lagi, begitu besar manfaat silaturahim. Setidaknya, inilah menurut berbagai penelitian dan dalil. Sekarang, tugas kita mempraktekkan dan membuktikan. Siap? Semoga berkah berlimpah.

Semoga kita menjadi lebih baik dan bermanfaat

Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

😊❤👍