ABS Tajribiyah ke-28 Lombok

A VPN is an essential component of IT security, whether you’re just starting a business or are already up and running. Most business interactions and transactions happen online and VPN

Berbakti untuk Nusa
ABS Tajribiyah ke-38 Ma’had Nurul Haromain di i Desa Gumantar Kecamatan Kayangan Lombok Utara

Amal Bakti Santri disingkat ABS adalah program tahunan yang dilaksanakan oleh santri putra Ma’had Nurul Haramain Pujon. Dalam setahun, ada dua kali pelaksanaan ABS. Pertama ABS Tajribiyah, yang diikuti oleh santri baru. Waktu pelaksanaannya di bulan Maulid dan jangka waktunya sekitar 2 minggu. Dari segi tantangan masih dalam level cukup. Yang kedua, ABS Kubro. Diikuti oleh seluruh santri putra, kurang lebih 40 orang (biasanya ada santri mahasiswa dan pondok cabang yang ikut). Waktu pelaksanaan di antara bulan Rajab dan Sya’ban dan lama pelaksanaannya hampir sebulan. Level tantangannya lebih berat dari ABS Tajribiyah.

Maksud lebih berat tantangannya adalah, daerah yang menjadi tempat kegiatan ABS adalah daerah2 yang minus. Minus dalam pengetahuan agama dan minus hal lainnya. Dan ABS adalah kegiatan praktek secara langsung bagi para santri, praktek bagaimana berkoordinasi, praktek bagaimana bersosialisasi dengan masyarakat, praktek bagaimana menyampaikan ilmu sekaligus praktek bagaimana memanege kegiatan dan berorganisasi.

Setahun sebelum pelaksanaan ABS, didalam Musyker tahunan, diputuskan siapa yang akan jadi mas’ul (Penanggung Jawab) kegiatan ini, sekaligus mas’ul kegiatan lainnya. Santri yang menjadi penanggung jawab, bertugas men survei daerah yang akan ditempati ABS (biasanya ada 2-3 lokasi berbeda). Hasil survei disampaikan kepada pengurus dan pengasuh. Dan jika sdh ada keputusan, maka santri tersebut bergerak untuk memfollow up hasil keputusan. Dengan mengajukan izin kepada pemerintahan setempat, sampai berkoordinasi dengan pihak desa, mencari tempat2 yang akan di jadikan posko untuk ABS.

Adapun kegiatan selama ABS sudah tersusun dan terskedule. Ada kegiatan harian, seperti menghidupkan musholla/masjid setempat atau menjadi relawan pengajar TPQ terdekat. Ada kegiatan insidental, seperti Dialog Remaja, Pelatihan Perawatan Jenazah, Festival Anak Soleh dan lainnya, yang tentu saja sebagai penutup mengadakan Pengajian Akbar di lokasi ABS. Dan Mas’ul ABS bertanggungjawab mengawal, mengupayakan dan mengevaluasi kegiatan2 ini. Dan dibantu santri senior dan ketua posko yang tergabung dalam ahlu syuro. Mereka berkumpul seminggu sekali, untuk bermusyawarah.

Selalu menerapkan Senyum, Salam dan Sapa kepada siapapun yang ditemui, memakai jas almamater dalam kegiatan2, menjaga adab santri, selalu berkoordinasi/izin kepada Ketua Posko jika ada keperluan, adalah sebagian diantara aturan2 yang harus diikuti oleh peserta ABS. Yang kesemuanya dilakukan dalam bingkai 2 ayat yang berawalan in (2 in) yaitu:

إِنْ أُرِيدُ إِلَّا الْإِصْلَاحَ مَا اسْتَطَعْتُ (Hud: 88)
“Aku tidak bermaksud kecuali (mendatangkan) perbaikan selama aku ber kesanggupan”

إِنْ أَجْرِيَ إِلَّا عَلَى اللَّهِ (Yunus: 72)
“Upahku tidak lain adalah dari Allah semata”

Liputan oleh: Agus Mustofa.

Foto-foto  kegiatan santri putra dalam ABS Tajribiyah di Desa Gumantar kecamatan Kayangan Lombok Utara. 22 November sampai 6 Desember 2018 di bawah ini:

ABS Tajribiyah ke28
ABS Tajribiyah ke28
ABS Tajribiyah ke28
ABS Tajribiyah ke28
ABS Tajribiyah ke28

 

 

Artikel Terbaru

eNHa TV

Masukkan kata pencarian disini