fbpx

Keutamaan Sholat Tepat Waktu (2)

Sejenak Pagi | Keutamaan sholat tepat waktu (2)

4️⃣ Sholatnya membawa pada keselamatan

“Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah sholatnya. Apabila sholatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila sholatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari sholat wajibnya, Alloh Tabaraka wa Ta’ala mengatakan, ‘Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan sholat sunnah?’ Maka sholat sunnah tersebut akan menyempurnakan sholat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu.”

5️⃣ Sebaik-baik kalian yakni yang berumur panjang dan mengerjakan sholat.

Dari Abu Hurairah Rhadiyallallu anhu (beliau berkata):
“Ada dua orang lelaki dari Baliy, sebuah perkampungan dari suku Qudha’ah. Keduanya ber-Islam bersama Nabi ﷺ. Salah seorang dari keduanya mati syahid, sedangkan seorang yang lain masih diakhirkan (hidup) hingga setahun (setelah itu).

Thalhah bin Ubaidullah berkata, ‘Surga diperlihatkan kepadaku (dalam mimpi), maka saya melihat bahwa orang yang terakhir (wafat) dari keduanya dimasukkan ke surga sebelum yang mati syahid. Saya sangat heran dengan hal tersebut. Pada pagi hari, saya menyebutkan hal tersebut kepada Nabi ﷺ atau hal tersebut disebutkan kepada Rasululloh ﷺ. Rasululloh shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Bukankah dia telah berpuasa Ramadhan setelah (meninggalnya orang yang mati syahid tersebut)? Dan (bukankah) dia telah mengerjakan enam ribu rakaat atau sekian dan sekian rakaat sholat Sunnah?”
(HR. Ahmad).

6️⃣ Sujud menaikkan derajat

Dari Katsir min Murrah, bahwa Abu Fathimah menceritakan kepadanya, ia berkata, “Aku berkata, “Wahai Rasululloh, kabarkanlah kepadaku suatu amalan yang aku bisa istiqamah dan mampu melaksanakannya.”

Beliau menjawab, “Sujudlah kepada Alloh, sebab tidaklah engkau sujud kepada-Nya sekali saja, kecuali dengannya Alloh akan mengangkat satu derajat dan menghapus satu kesalahan darimu.”
(HR Ibnu Majah).

7️⃣ Perbanyak sudjud akan menemani Rasulullah ﷺ di surga

Suatu saat, Rabiah bermalam di rumah Rasululloh ﷺ, lalu menghampiri beliau dengan membawa air wudhu. Kemudian Nabi ﷺ berkata, “Mintalah sesuatu.”

Lalu Rabiah menjawab, “Aku ingin menemanimu di Surga.” Rasululloh bertanya lagi, “Ada permintaan selain itu?” Rabiah mengatakan lagi, “Itu yang aku minta.” Nabi Muhammad ﷺ kemudian bersabda, “Bantulah aku mewujudkan keinginanmu dengan memperbanyak sujud (sholat)”
(HR Muslim).

Alhamdulillah hari jum’at, mari baca Al Kahfi, memperbanyak istighfar, sholawat, doa dan sodaqoh

Wallahu A’lam Bisshawab

Yaa Alloh Ya Robb Ampunilah kedua orang tua kami, ampunilah kami, keluarga kami dan saudara² kami.
Jadikanlah sebaik-baik amal kami pada penutupannya.
Jadikan kami dan keluarga kami sehat dzohir dan bathin.
Lindungilah kami dari berbagai penyakit, bencana dan kesulitan lainnya.
Jadikan kami, insan yang pandai bersyukur dan bisa membahagiakan orang lain.
Jadikan kami menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

www.sejenakpagi.info
😊❤👍