fbpx

Batu Besar

Sejenak Pagi | Batu Besar

Pada zaman dahulu, ada seorang raja yang senang pergi keluar istana dan mengamati rakyatnya. Suatu hari, ia memutuskan untuk menaruh sebuah batu besar di persimpangan jalan lalu bersembunyi di semak.

Setelah beberapa jam, muncul dua orang pedagang yang menaiki kereta kuda. Melihat batu besar yang menghalangi jalan, mereka menggerutu dan memilih jalan memutar. ‘Hah! Bagaimana sih raja ini? Ada batu besar seperti ini tidak segera dibereskan,’ ucap salah satu pedagang kesal.

Beberapa jam setelah pedagang itu lewat, muncul seorang petani yang memikul sayur-sayuran. Melihat batu besar menghalangi jalannya, ia pun menaruh sayurannya di tepi jalan dan mulai mendorong batu itu.

Sedikit demi sedikit batu besar itu bisa digeser dan jalan kembali normal. Petani itu kemudian kembali ke tempat ia meletakkan sayurannya. Ia menemukan sekantung koin emas beserta sebuah catatan dari raja, ‘Kuberikan emas ini sebagai hadiah telah memindahkan batu besar itu.’

Hal baik yang bisa dicontoh di atas adalah kemauan untuk menyelesaikan masalah. Seperti petani tadi, saat melihat sebuah batu di jalan. Meski bukan tanggung jawabnya dan tidak tahu akan diberi imbalan, ia rela menyingkirkan batu besar itu.

Pedagang diatas bisa jadi itu diri kita atau masyarakat yang selalu menyalahkan kondisi atas segala yang ada (banjir, covid dll). Padahal, mereka berdua bisa menggunakan kudanya untuk menarik batu itu dengan mudah. Tapi mereka lebih memilih untuk marah-marah dan menyalahkan kondisi dibanding menyelesaikannya demi kepentingan bersama.

Alloh Ta’ala berfirman:
“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?”
“Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Alloh mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.”
(QS Al-Ankabut: 2-3)
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Covid masih ada disekitar kita, utk itu mari kita tingkatkan iman, aman dan imun diri.
Jaga kesehatan dengan cara yg sehat dan benar, bermasker, cuci tangan, makan yg sehat dan halal, hindari berkerumun, jika tidak sangat penting dirumah saja.

Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Dalam lindungan dan Rahmat Alloh Subhanahu wata’ala. Menjadi hamba yang Bahagia, membahagiakan orang lain dan senantiasa bersyukur.
Semoga Alloh Ta’ala mengampuni dosa dan kesalahan kita.
Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
😊❤👍