fbpx

Menanam, Menyirami dan Memanen

Sejenak Pagi | Menanam, Menyirami dan Memanen

Alhamdulillah hari kedua bulan Rajab 1442 H.
Seorang ‘Alim yang bernama Abu Bakar al-Warroq al-Balakhy, sebagaimana dinukil oleh Ibnu Rajab dalam Lathoiful Ma’arif, mengatakan:

“Rojab adalah bulan untuk menanam. Sya’ban adalah bulan untuk menyirami (tanaman). Dan Romadlon adalah bulan untuk memanen (tanaman).”
Yang dimaksud ‘tanaman’ dalam perkataan tersebut adalah ‘tanaman kebaikan’. Sedangkan hasil panennya adalah ‘pengampunan dari Alloh ta’ala’.
Kita dianjurkan untuk memperbanyak dan memperbaiki berbagai amal kebaikan di bulan Rojab sebagai upaya dalam ‘menanam kebaikan’. Karena kebanyakan orang yang melalaikan bulan Rojab juga melalaikan bulan Sya’ban dan Romadlon. Harapannya semoga ‘tanaman’ amal-amal kebaikan itu akan semakin tumbuh subur di bulan Sya’ban nanti. Dan pada akhirnya, insyaalloh, kita akan ‘memanen’ pengampunan dari Alloh ta’ala di bulan Romadlon.

Adakah panen yang lebih menggembirakan dibanding dengan ‘panen pengampunan’ dari Alloh ta’ala?
Bukankah kita memiliki banyak salah dan dosa? Jika kita mendapatkan pengampunan dari Alloh ta’ala, tentu hal itu merupakan anugerah yang sangat besar. Kita bisa berharap meninggal dunia dalam keadaan husnul khotimah, nyaman di alam kubur, mendapatkan perlindungan dari Alloh ta’ala di hari kiamat, memperoleh kemudahan di hari perhitungan amal, dan selamat dari siksa neraka jahannam. Hingga bisa tinggal selamanya di surga Alloh yang penuh dengan kenikmatan. Semoga.
Selain itu, saat memasuki bulan Rojab, kita dianjurkan minta keberkahan kepada Alloh ta’ala dengan doa:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبَ وَشَعْبَان َوَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allohumma baarik lanaa fi rojaba wa sya’bana wa ballighnaa Romadlon

“Ya Alloh, berkahilah kami di bulan Rojab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Romadlon”.

Sudah tentu, meminta berkah itu ada caranya. Ada yang semestinya dikerjakan dan diamalkan agar doanya benar-benar menjadi doa sungguhan. Ada orang minta kepandaian kepada Alloh ta’ala, sudah tentu dia harus rajin dan serius belajar. Ada orang yang minta kekayaan kepada Alloh ta’ala, sudah tentu dia harus kerja keras dan cerdas. Kalau kita mau minta keberkahan kepada Alloh ta’ala di bulan Rojab ini, kita harus meningkatkan kuantitas dan kualitas amal kebaikan.
Saudaraku yang semoga disayang oleh Alloh ta’ala. Diantara banyak kebaikan yang bisa kita tanam di bulan Rojab ini, ada tiga ‘tanaman kebaikan’ yang selayaknya kita berikan perhatian lebih, yaitu puasa sunnah, memperbanyak istighfar, dan memperbaiki kualitas sholat.

Mari kita tingkatkan iman, aman dan imun diri.
Jaga kesehatan dengan cara yg sehat dan benar, bermasker, cuci tangan, makan yg sehat dan halal, hindari berkerumun, jika tidak sangat penting dirumah saja.

Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Dalam lindungan dan Rahmat Alloh Subhanahu wata’ala. Menjadi hamba yang Bahagia, membahagiakan orang lain dan senantiasa bersyukur.
Semoga Alloh Ta’ala mengampuni dosa dan kesalahan kita.
Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
😊❤👍