SABAR DAN SOLAT, SOLUSI KEHIDUPAN

CAHAYA FAJAR | SABAR DAN SOLAT, SOLUSI KEHIDUPAN

Oleh | Akhmad Muwafik Saleh

Pada dasarnya setiap kita memiliki empat gelombang otak, yaitu: pertama, gelombang beta, yaitu gelombang otak pada saat kita berada dalan suasana sadar, berpikir rasional, analitis. Keadaan seperti ini seseorang cenderung gelisah, penuh khawatir, takut dan sebagainya. Inilah yang disebut dengan suasana pikiran sadar (conscious mind) yang memiliki potensi 12% dari seluruh potensi diri kita. Gelombang kedua, adalah alfa, yaitu disaat diri kita berada dalam keadaan tenang, fokus, Semedi. Keadaan ini kita akan terasa lebih damai, bahagia, senang.

Ketiga, theta, yaitu keadaan antara sadar dan tidak, antara tidur dan sadar, suatu keadaan dimana diri kita pada saat sangat fokus, sangat dalam, merenung, kontemplatif yang membuat diri kita berada dalam puncak tenang, puncak fokus, sangat khusyu’.

Kedua gelombang ini berada pada bawah sadar kita (unconscious mind) suatu keadaan yang merupakan potensi besar yang bersemayam dalam diri. Disinilah letak keyakinan, intuisi, perasaan, pemahaman, nilai-nilai berupa kejujuran, kesungguhan, berani, kreatif, inovatif dan sebagainya.

Potensi ini sebenarnya menyimpan 88% potensi diri kita walaupun sering kali banyak diantara diri kita tidak menyadarinya sebab tersembunyi berada jauh di dalam diri kita.

Gelombang ke empat yaitu delta, saat kita sedang tidur tanpa mimpi. Pada suasana ini bertumbuhnya proses hormon kita (hormon growth).

Dalam proses penyelesaian masalah (problem solving) maka suasana yang tepat adalah disaat kita sedang berada dalam keadaan gelombang alfa dan theta yaitu keadaan dimana diri kita berada dalam suasana tenang, damai, bahagia, sangat fokus, sangat khusyu’.

Keadaan ini dapat diperoleh dengan cara solat dan saat suasana diri kita sabar. Karena pada kedua suasana itu hati, perasaan dan pikiran diri kita berada dalam keadaan yang tenang penuh kedamaian dan hal itu mampu membuka pintu-pintu jalan keluar (solusi) atas masalah yang sedang dihadapi.

Inilah kiranya maksud Firman Allah swt yang menyatakan bahwa:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’,” (Q.S. Al-Baqarah: 45)

Inilah rahasia Firman Allah itu, sehingga dengan bersabar saat menghadapi masalah dan kemudian banyak beribadah, solat dan berdzikir maka hati akan menjadi tenang. Dan ketenangan hati inilah yang membuka pintu jalan keluar atas masalah yang sedang dihadapi.

————————————————–
by : Akhmad Muwafik Saleh. 9.09.2020
————————————————–
🍀🌼🌹☘🌷🍃🍂❤🌼☘

*Pengasuh Pesantren Mahasiswa Tanwir al Afkar, Dosen FISIP UB, Motivator Nasional, Penulis Buku Produktif, Sekretaris KDK MUI Provinsi Jawa Timur

Klik web kami :
www.insandinami.com

🙏 AYO SHARE DAN VIRALKAN KEBAIKAN