Serentak Melantunkan Dzikir Jama’i Di Awal Tahun 1442 Hijirah

Serentak Melantunkan Dzikir Jama’i Di Awal Tahun 1442 Hijirah, dilakukan oleh Far’i-far’i Persyada Al-Haromain.

Setelah serentak diberbagai tempat mengadakan doa akhir dan awal tahun, maka pada tanggal 1 Muharromnya, tepatnya di hari Kamis pagi, kegiatan Dzikir Jama’i diadakan secara bersama-bersama.
Acara yang sedianya dilakukan di satu tempat, di kampus Universitas Brawijaya Malang, karena pandemi masih belum usai. Maka format pelaksanaan pun berubah. Waktunya tidak berubah, tempat yang di kondisikan. Tidak dalam satu lokasi, akan tetapi dilaksanakan di berbagai wilayah.

Surabaya, Sidoarjo, Probolinggo, Tulungagung, Madura, Cilacap, Malang Kota, Malang Barat, Malang Selatan, kota Batu, Kediri, Jombang, Magetan dan berbagai tempat lainnya, melaporkan kegiatan Dzikir Jama’i dilaksanakan dengan di ikuti oleh berbagai jamaah yang hadir.
Kegiatan Dzikir ini dilaksanakan sebagai syiar kepada khalayak luas, sekaligus meyemarakkan datangnya tahun baru Islam 1442 H dan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75. Didalam surat Ali Imron ayat 190 & 191 Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَٱخْتِلَٰفِ ٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ لَءَايَٰتٍ لِّأُو۟لِى ٱلْأَلْبَٰبِ. ٱلَّذِينَ يَذْكُرُونَ ٱللَّهَ قِيَٰمًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَٰطِلًا سُبْحَٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ
Sungguh dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (yaitu) orang-orang yang berdzikir (mengingat) Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”

Dengan Dzikir Jama’i, kita sambut dan rayakan tahun baru dan kemerdekaan RI dengan memadukan antara dzikir dan fikir.

(Repotase: Ust Agus Mustofa, Ketua Far’i Malang Selatan)

Dzikir Jama’i Far’i Surabaya
Dzikir Jama’i Far’i Malang Selatan
Dzikir Jama’i Far’i Sidoarjo
Dzikir Jama’i Far’i Seluruh Persyadha