TANDA ORANG BERSABAR

TANDA ORANG BERSABAR

1️⃣ Tidak Tergesa-gesa

Alloh Ta’ala berfirman:
“Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka.”
(QS Al Ahqaf : 35)

2️⃣ Menahan amarah

Alloh Ta’ala berfirman:
“Maka bersabarlah kamu (hai Muhammad) terhadap ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu seperti orang yang berada dalam (perut) ikan ketika ia berdoa sedang ia dalam keadaan marah (kepada kaumnya)”
(QS Al Qalam : 48)

Lihatlah Yunus bin Matta, tidak ada yang serupa dengan kondisi beliau. Ia ditelan ikan besar. Awalnya ia tidak sabar dengan kaumnya, ia lantas pergi dalam keadaan murka pada Rabbnya. Sampai ia pun menaiki kapal. Akhirnya yang berada di kapal melakukan undian, karena kapal tersebut kelebihan muatan. Kala itu dilakukan undian siapakah yang harus dilemparkan sehingga kapal itu bisa berjalan tanpa kelebihan muatan. Undian selalu jatuh pada Yunus. Ia dilemparkan dari kapal dalam keadaan tercela. Demikian kata Syaikh As-Sa’di dalam kitab tafsirnya.

3️⃣ Tidak berputus asa

Alloh Ta’ala berfirman:
‎”Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Alloh. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Alloh, melainkan kaum yang kafir”
(QS Yusuf : 87)

Semoga kita bisa menjadi orang yang sabar.

Wallahu a’lam.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
😊❤👍