Sejenak Pagi | Mari Berkurban Karena Ia Bukanlah Sedekah Biasa

Sejenak Pagi | Mari Berkurban Karena Ia Bukanlah Sedekah Biasa

Saudara dan Sahabatku….
Berkurban adalah perintah Robbul Alamin. Alloh ta’ala berfirman,

“Dirikanlah shalat dan berqurbanlah (an nahr).”
(QS. Al-Kautsar: 2)

Ia adalah ibadah yang sangat agung dan mulia, bahkan ia tak sebanding dengan sedekah senilai kurban itu sendiri. Engkau berkurban dengan hewan kurban senilai 3jt masih jauh lebih mulia daripada berinfak senilai 3 juta. Bahkan seandainya ia menambahkan sedekahnya senilai lebih dari itu tetap tidak bisa menyamai keutamaan kurban.

Ulama Malikiyyah menegaskan bahwa ibadah qurban lebih utama daripada memerdekakan budak, walaupun ditambah nilainya berlipat-lipat dari harga qurban.

Nabi Muhammad Sholallohu ‘alahi wasallam sangat mengecam umatnya yang telah mampu berqurban, tetapi enggan untuk menunaikannya, hal ini tergambar dalam sabdanya:
“Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu dia tidak berkurban, maka janganlah ia mendekati tempat sholat kami.”
(HR. Ahmad dan Ibn Majah).

Dengan Syariat Qurban ini, kaum muslimin dilatih untuk meningkatkan rasa kemanusiaannya, mengasah kepekaannya dan menghidupkan hati nuraninya. Setiap muslim harus memiliki rasa perhatian, kepedulian, solidaritas, dan persaudaraan antara sesama.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
@ sejenakpagi.official
😊❤👍