Hikmah Isra Mi’raj

Hikmah Isra Mi’raj

Hikmah Isra Mi’raj, Beberapa Hikmah Isra Mi’raj:

  1. Isra-Mi`raj dihadiahkan oleh Alloh Ta’ala kepada Nabi Muhammad shallallāhu ‘alaihi wa sallam setelah mengalami ujian bertubi-tubi.

Kemangkatan Sayidah Khadijah dan pamanda Abu Thalib ditambah pembangkangan sebagian kaumnya untuk menerima kebenaran yang beliau sampaikan, membuat perjalanan Isra`-Mi`raj menjadi “hiburan” yang bisa meredam rasa gundah gulana dan sedih pada diri beliau.

Dalam kehidupan, ada baiknya sesekali kita keluar melakukan perjalanan bersama keluarga untuk melihat alam sekitar, memandang  ciptaan Alloh Ta’ala yang Maha Hebat, guna melepas lelah dan penat setelah berkutat dengan agenda aktifitas yang terkadang membuat kita stres yang tentu tidak baik bagi jiwa.

  1. Sebelum diberangkatkan dalam perjalanan Isra`-Mi`raj, Nabi Muhammad shallallāhu ‘alaihi wa sallam disucikan guna menambah kesucian yang telah ada pada diri beliau.

Sebelum kita menghadap Alloh Ta’ala dalam salat dan sebelum ajal datang, kita lakukan penyucian jiwa dari dekil-dekil penyakit hati dan tindak tanduk yang melenceng.

Baca Juga : Kekuatan Hati

Salat memberi stimulus untuk menjadi pribadi yang bersih dan suci. Wuhdhu, mandi, pakaian dan tempat yang suci, merupakan simbol bahwa sebelum menghadap Alloh Ta’ala hendaknya kita melakukan proses penyucian diri

  1. Di tengah perjalanan Isra`-Mi`raj, Nabi Muhammad shallallāhu ‘alaihi wa sallam menjejakkan kaki di tempat-tempat yang diberkahi.

Hikmah Isra Mi’raj, Beliau mendarat di Kota Madinah (Kota Hijrah), Bukit Thursina (Tempat Nabi Musa.AS berbicara dengan Alloh Ta’ala), Betlehem (Tempat kelahiran Nabi Isa.AS) dan pada akhirnya tiba di Baitul Maqdis.

Di Baitul Maqdis inilah semua para nabi bermakmum kepada Nabi Muhammad shallallāhu ‘alaihi wa sallam.

Peristiwa di atas mengilhami kita untuk menyambangi kantong-kantong keberkahan karena pernah dijejaki oleh kaum shalihin.

Tempat-tempat seperti ini menjadi sebab turunnya rahmat sehingga membuat siapa saja yang mendatanginya menjadi tenteram dan meraih banyak kebaikan.

  1. Dalam peristiwa Isra`-Mi`raj, Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersua dengan para Nabi. Setiap lapisan langit yang ada tujuh itu,

Beliau berjumpa dengan seorang nabi  mulai dari Nabi Adam.AS, Nabi Isa.AS dan Yahya.AS, Nabi Yusuf.AS, Nabi Idris.AS, Nabi Harun.AS, Nabi Musa.AS, hingga Nabi Ibrahim.AS.

Rangkaian pertemuan ini menyiratkan hikmah tentang pentingnya diri kita untuk berkumpul dengan kaum shalih.

Baca Juga : Mudahkanlah urusan Orang Lain

Majelis-majelis yang dihuni oleh kaum shalihin menjadi tempat yang dicurahi berkah dan kebaikan.

Pada saat mengunjungi suatu daerah, bertanyalah tentang tempat tinggal orang-orang yang diyakini oleh masyarakat setempat sebagai orang shalih, lalu datangi dan kunjungi, minta doa dan ilmu darinya.

Atau ziarahi makam-makam mereka untuk mengambil pelajaran dari masa kehidupan mereka pada masa sebelumnya.

Ada yang terpenting perintah Alloh Ta’ala utk sholat 5 waktu (shokat wajib) dan jangan tinggal sholat wajib kondisi apapun.

Semoga Alloh Ta’ala senantiasa membimbing Kita Untuk Selalu dalam kebaikan dan kebahagiaan hidup.

Hikmah Isra Mi’raj, Semoga kita terus istiqomah dalam beribadah, senantiasa mensyukuri nikmat Alloh Ta’ala dan diberi kekuatan oleh Alloh Ta’ala utk menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna, Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin