Ust. Saiful dan Ust. Yasin, Dai Tugas di Suku Anak Dalam

Pengajar Suku Anak Dalam (SAD) Utusan Hai’ah Ash Shofwah Al Malikiyyah

Bismillahirrahmanirrahim.
Alhamdulillah, selama lebih satu bulan para Pengajar Suku Anak Dalam (SAD) utusan Hai’ah Ash Shofwah Al Malikiyyah di kawasan Bukit Suban kec Air Hitam Kab Sarolangun Jambi telah melakukan beberapa aktifitas pembinaan dan pendampingan, antara lain:

~ Membimbing anak-anak dan para orang tua SAD untuk belajar shalat dan membiasakannya shalat berjamaah di tempat kediaman para Guru Pengajar.

~ Mengajarkan anak-anak rimba carw berwudhu’ di sungai

~ Mengajarkan baca al Qur’an dengan metode Ummi kepada warga SAD sekaligus mengajarkan baca surat Al Fatihah dengan baik dan fasih.

~ Menetralisir akhlak warga dan anak-anak SAD dengan mengajarkan dzikir dan wirid

~ Mengajarkan warga SAD bercocok tanam dengan cara stek pohon durian, terong, dan beberapa tanaman sayur mayur lainnya.

~ Mengikuti warga ke dalam hutan untuk mencari madu, berburu hewan, dan mencari buah-buahan sebagai media pendekatan kepada mereka.

~ Mengajak anak-anak rimba (SAD) untuk berkumpul sepulang mereka dari hutan lalu menyuruh mereka bercerita apa yang alami di dalam hutan. Cara ini dilakukan untuk bisa memahami bahasa mereka secara alamiah.

Tantangan yang dihadapi antara lain:

~ Jarak tempuh dari pemukiman SAD ke masjid sangat jauh perjalanan kaki 2 jam, sekitar 5 km ke arah perkampungan.

~ Penerangan di malam hari sangat terbatas sehingga para Guru Pengajar menggunakan lampu senter dengan kekuatan baterei.

~ Mengupayakan untuk memberikan sandal kepada anak-anak SAD karena mereka biasanya dari hutan langsung langsung naik ke rumah atau mushalla.

Demikian laporan kegiatan Pengajar SAD utusan Hai’ah Ash Shofwah Al Malikiyyah di kawasan Bukit Suban kec Air Hitam kab Sarolangun Jambi. Mohon doa barokah semoga para Pengajar SAD diberi keikhlasan, kesabaran, dan keistiqomahan. Amin.

~ Surabaya, 06 Maret 2020

Al Mas’ul,
UMAR FARUQ (Hawariy Pusat)