Sejenak Pagi | Berbicaralah yang JUJUR

Sejenak Pagi | Berbicaralah yang JUJUR

Betapa banyak perilaku korup di negeri ini, sehingga meraih rangking teratas.
Ini menunjukkan bahwa kejujuran semakin diabaikan. Orang jujur pun semakin langka. Padahal, Rasululloh Shallallahu ‘alaihi wassalam dikenal sebagai pribadi yang jujur. Karena kejujurannya, beliau dijuluki dengan al-Amin atau orang yang dapat dipercaya. Dalam Islam, kejujuran adalah pangkal kebaikan yang akan menghantarkan manusia pada kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Rasululloh Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda:
“Hendaklah kamu semua berikap jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan membawa ke surga.”
(HR. Bukhari).

Orang yang selalu berkata dusta, bukanlah oran beriman, seperti firman Alloh Ta’ala dalam al Qur’an:
“Dan diantara manusia ada yang berkata, “Kami beriman kepada Alloh dan hari akhir”, padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman.”
(QS. al-Baqarah: 8)

Rasululloh Shallallahu ‘alaihi wassalam juga mengingatkan: ”Tidak (sempurna) iman seseorang yang tidak amanah, dan tidak (sempurna) agama seseorang yang tidak menunaikan janji.”
(HR. Ahmad).

Ketika manusia memiliki shiddiq (berkata dan bersikap benar), ia akan memperoleh ketenangan jiwa, mendapat keberkahan hidup, menggapai keselamatan, terhindar dari kemunafikan, dan akan dicatat sebagai ahli kebenaran (orang yang jujur).

Rasululloh Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Jauhilah dusta, karena sesungguhnya dusta itu membawa pada kedurhakaan dan sesungguhnya kedurhakaan itu akan menunjuki manusia ke neraka.”
(HR. Bukhari).

Oleh sebab itu, jauhilah dusta dalam berbicara, berjanji, persaksian, dan dalam tuduhan kepada orang yang tidak bersalah.

Semoga kita terus bisa istiqomah dalam beribadah, senantiasa mensyukuri nikmat Alloh Ta’ala dan diberi kekuatan oleh Alloh Ta’ala utk menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
😊❤👍