Cahaya Fajar | Delu-elu Allah

CAHAYA FAJAR | DIELU-ELU ALLAH
oleh : AMS

Jika ada orang yang diberi banyak kemudahan dan kekayaan padahal ibadahnya jarang bahkan sering mengabaikannya.
Jika ada orang yang terus diberi kenikmatan duniawi yang melimpah ruah padahan keimanan terus menurun.
Jika ada orang yang hidupnya tampak selalu sukses dan sejahtera padahal selalu bermaksiat pada Allah swt.
Jika ada orang yang seakan hidupnya tambah tenang sejahtera padahal suka melanggar perintah Allah swt, jarang solat, tidak puasa, dsb
Jika ada orang yang hartanya semakin tambah melimpah padahal hidupnya kikir dan boros, berat mengeluarkan bantuan sedekahnya.
Jika ada orang yang semakin sombong, namun hartanya semakin melimpah.
Jika ada orang yang dalam hidupnya jarang atau bahkan tidak pernah terkena musibah sakit

Dan…… Jika semua itu terjadi, maka berhati-hatilah jangan-jangan itu sedang di ISTIDRAJ oleh Allah swt. Yaitu sedang di elu-elu (seakan diangkat dg nikmat padahal itu adalah siksa atau adzab)

Perhatikan Firman Allah swt :
“Nanti Kami akan menghukum mereka dengan berangsur-angsur (ke arah kebinasaan) dari arah yang tidak mereka ketahui.” (QS. Al-Qalam: 44).

Rasulallah s.a.w bersabda:

إِذَا رَأَيْتَ اللهَ تَعَالَى يُعْطِي الْعَبْدَ مِنَ الدُّنْيَا مَا يُحِبُّ وَهُوَ مُقِيمٌ عَلَى مَعَاصِيْهِ فَإِنَّمَا ذَلِكَ مِنهُ اسْتِدْرَاجٌ

“Apabila kamu melihat Allah memberikan kepada seorang hambaNya di dunia ini apa yang hamba itu suka atau inginkan, sedangkan hambaNya itu selalu berbuat kemaksiatan, maka itulah ISTIDRAJ“.

Jika demikian maka ingatlah pesan berikut :
Ali Bin Abi Thalib r.a. berkata : “Hai anak Adam ingat dan waspadalah bila kau lihat Tuhanmu terus menerus melimpahkan nikmat atas dirimu sementara engkau terus-menerus melakukan maksiat kepadaNya”.

Ibnu Athaillah berkata : “Hendaklah engkau takut jika selalu mendapat karunia Allah, sementara engkau tetap dalam perbuatan maksiat kepada-Nya, jangan sampai karunia itu semata-mata istidraj oleh Allah”.

Imam Syafi’i mengatakan :
“setiap orang pasti pernah mengalami sakit suatu ketika dalam hidupnya, jika engkau tidak pernah sakit maka tengoklah ke belakang mungkin ada yang salah dengan dirimu.”

Semoga kita dijauhkan dari istidraj Allah swt dan dilindungi dari adzab murkanya dan semoga diampuni dosa2 kita dan semoga dibimbing untuk terus berada dijalanNya dan kelak di ridhoi olehNya. Aamiiiin….

Disarikan dari buku-buku : Hati Nurani Series Karya AMS

🌞🌸🌻🌷🌺💐🌹🌼🌞

#pesantrenleadership
#sekolahparapemimpin
#pesantrenmahasiswa
#tanwirulafkar
#tanwirulqulub
#HatiNuraniSeries
#motivatornasional
#guesthousegriyaizzah

Klik : www.insandinami.com