Sejenak Pagi #418 | Keutamaan Membaca Al Qur’an

Sejenak Pagi #418 | Keutamaan Membaca Al Qur’an

Beberapa keutamaan membaca Al Qur`an sebagai berikut :

  1. Manusia yang terbaik

Dari `Utsman bin `Affan, dari Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda : “Sebaik-baik kalian yaitu orang yang mempelajari Al Qur`an dan mengajarkannya.”

(HR. Bukhari)

 

  1. Dikumpulkan bersama para Malaikat

Dari `Aisyah Radhiyallahu `Anha berkata, Rasululloh  Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda : “Orang yang membaca Al Qur`an dan ia mahir dalam membacanya maka ia akan dikumpulkan bersama para Malaikat yang mulia lagi berbakti. Sedangkan orang yang membaca Al Qur`an dan ia masih terbata-bata dan merasa berat (belum fasih) dalam membacanya, maka ia akan mendapat dua ganjaran.”

(Muttafaqun `Alaihi)

 

  1. Sebagai syafa`at di Hari Kiamat

Dari Abu Umamah Al Bahili berkata, saya telah mendengar Rasululloh Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda : “Bacalah Al Qur`an !, maka sesungguhnya ia akan datang pada Hari Kiamat sebagai syafaat bagi ahlinya (yaitu orang yang membaca, mempelajari dan mengamalkannya).”

(HR. Muslim)

 

  1. Kenikmatan tiada tara

Dari Ibnu `Umar t, dari Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda : “Tidak boleh seorang menginginkan apa yang dimiliki orang lain kecuali dalam dua hal; (Pertama) seorang yang diberi oleh Alloh kepandaian tentang Al Qur`an maka dia mengimplementasikan (melaksanakan)nya sepanjang hari dan malam. Dan seorang yang diberi oleh Alloh kekayaan harta maka dia infakkan sepanjang hari dan malam.”

(Muttafaqun `Alaihi)

 

Baca Juga : Sejenak Pagi #418 | Orang Yang Bersyukur
  1. Ladang pahala

Dari Abdullah bin Mas`ud berkata, Rasululloh Shallallahu’alaihi Wasallam : “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al Qur`an) maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipat gandakan dengan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan “Alif lam mim” itu satu huruf, tetapi “Alif” itu satu huruf, “Lam” itu satu huruf dan “Mim” itu satu huruf.”

(HR. At Tirmidzi)

 

  1. Kedua orang tuanya mendapatkan mahkota surga

Dari Muadz bin Anas t, bahwa Rasululloh Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda : “Barangsiapa yang membaca Al Qur`an dan mengamalkan apa yang terdapat di dalamnya, Alloh akan mengenakan mahkota kepada kedua orangtuanya pada Hari Kiamat kelak. (Dimana) cahayanya lebih terang dari pada cahaya matahari di dunia. Maka kamu tidak akan menduga bahwa ganjaran itu disebabkan dengan amalan yang seperti ini.”

(HR. Abu Daud)

 

Semoga kita bisa istiqomah membaca al Qur’an, senantiasa positif dalam tutur, berfikir dan berbuat.

 

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna

Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin