Sejenak Pagi #383 | Mensikapi kejadian (3)

Sejenak Pagi #383 | Mensikapi kejadian (3)

12. Ujian dari Alloh Ta’ala

Setiap umat mukmin tentu paham bahwa hidup di dunia adalah sementara, kehidupan di dunia hanya perhiasan dan ujian belaka, begitu pula takdir yang diberikan Alloh Ta’ala, merupakan ujian untuk tingkat keimanan dan kesabarannya. Ketika menghadapi ujian berupa hal yang menyenangkan ataupun kurang menyenangkan tentunya tetap wajib diterima dengan sabar dan berusaha melakukan yang terbaik sesuai kemampuannya.

13. Mohon Perlindungan Alloh Ta’ala

Cara menyikapi takdir Alloh Ta’ala adalah dengan memohon perlindungan dariNya dari hal hal yang berbahaya atau hal yang tidak baik untuk kita menurutNya, mohon perlindungan dari godaan syetan dan hawa nafsu yang dapat melemahkan iman dan mengarahkan ke hal yang maksiat. sebagai makhluk Alloh Ta’ala yang lemah, wajib selalu mohon perlindungan agar tidak memiliki hati yang mudah terombang ambing. “Tidak ada seorangpun di langit dan bumi kecuali akan datang kepada Tuhan yang maha pemurah selaku seorang hamba”. (QS Maryam : 93).

14. Mohon Keselamatan

Jangan lupa memohon keselamatan di setiap shalat sebagai wujud pasrah dan memohon perlindungan dari segala mara bahaya dari takdir yang telah terjadi tersebut. Hal tersebut telah dilakukan oleh orang orang sholeh terdahulu, ketika menerima suatu takdir baik ataupun buruk mereka akan memohon keselamatan dari segala sesuatu yang buruk. “Mereka mengucapkan kata kata yang mengandung keselamatan”.
(QS Al Furqon : 63).

15. Berfikir Positif

Berfikir positif dapat menjadi cara menyikapi takdir Alloh Ta’ala yang akan memberikan ketenangan pada hati orang yang melakukannya. Berfikir positif membuat hati menjadi lebih semangat dan lebih mampu mengambil keputusan yang tepat dalam setiap urusan yang dihadapi. Sedangkan Alloh Ta’ala memberikan sesuatu sesuai prasangka hambaNya, jika berfikir positif pada Alloh Ta’ala, maka Alloh Ta’ala juga memberikan hal yang positif pula.

16. Ikhlas

Ikhlas adalah sikap menerima dan pasrah akan ketentuan Alloh Ta’ala. Ikhlas dilakukan semata karena Alloh Ta’ala, bukan karena urusan duniawi atau karena orang lain. ikhlas menjadi jalan untuk mendapat kebaikan dan ridho Alloh Ta’ala. Ikhlas dalam menyikapi takdir Alloh Ta’ala dilakukan dengan cara menyadari bahwa setiap takdir ialah hakNya sebagai pencipta. Dan setiap manusia wajib menerima dan menjalani takdir yang ditetapkanNya dengan ikhlas.

17. Mohon Ampunan Alloh Ta’ala

Sebagaimana firman Alloh Ta’ala, takdir yang terjadi atau yang menimpa manusia adalah sesuai perbuatan manusia itu sendiri. jika mendapatkan takdir yang baik, wajib bersyukur dan memperbaiki diri leb baik lagi. Begitu pula jika menerima takdir yang menurut kita kurang membahagiakan, mohon ampun pada Alloh Ta’ala jika hal tersebut mungkin adalah kesalahan dari kita sendiri.

“Dan Alloh memaafkan sebagian besar dari kesalahan kesalahan kalian”.
(QS As Syuura : 30).

Alloh Ta’ala menyukai hambaNya yang senantisa memperbaiki diri dan memohon ampunan kepadaNya, ampunan Alloh Ta’ala akan membawa manusia dalam urusan dunia dan akherat yang lebih berkah sehingga akan mendapat takdir dan jalan hidup yang terbaik pula.

Alhamdulillah sdh lengkap bagaiman mensikapi kejadian/takdir.

Alhamdulillah hari jum’at mari membaca srt al kahfi, memperbanyak istighfar, sholawat, doa dan sodaqoh.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
😊❤👍