Sejenak Pagi #382 | Mensikapi kejadian (2)

Sejenak Pagi #382 | Mensikapi kejadian (2)

6. Jauhi Berandai andai

Takdir, apapun itu ialah yang terbaik, cara menyikapi takdir Alloh Ta’ala tidak boleh diterima dengan penyesalan atau harapan untuk bisa mengubah takdir yang telah terjadi. Maksudnya ialah dengan berandai andai untuk dapat kembali ke masa lalu dan mengubah peristiwanya agar menerima hasil sesuai yang diinginkan, hal demikian tidak diperbolehkan dalam agama. “Janganlah engkau berkata seandainya aku berbuat begini tentu begini dan begitu tentu akan seperti ini dan seperti itu”.
(HR Muslim).

7. Mohon Pertolongan Alloh Ta’ala

Takdir ialah bagain dari kuasa Alloh Ta’ala, untuk menghadapinya sebagai makhluk yang lemah wajib untuk memohon pertolongan Alloh Ta’ala agar dapat menjalani dan mengambil keputusan sesuai petunjukNya. “Dan sekali kali tidaklah Rabb mu menganiaya hamba hamba Nya”.
(QS Fushshilat : 46).

8. Instropeksi Diri

“Musibah yang menimpa kalian adalah hasil dari perbuatan tangan kalian sendiri”.
(QS As Syuuraa : 30).

Sebagai manusia tentu pernah berbuat kesalahan secara sadar, contohnya ialah sudah mengetahui tentang perbuatan yang termasuk dosa tetapi tetap melakukan perbuatan tersebut, akibatnya takdir Alloh Ta’ala akan mengikuti sesuai perbuatan yang dilakukan.

9. Mohon Rahmat Alloh Ta’ala

Cara menyikapi takdir ialah dengan memohon rahmat Alloh agar mendapat hikmah yang terbaik dan diberi takdir yang lebih baik pula ke depannya. Alloh maha pemurah, setiap manusia yang memohon dengan kesungguhan pasti akan dikabulkan. “Dan rahmat ku meliputi segala sesuatu”.
(QS Al A’raf : 156).

Jelas dari firman tersebut bahwa Alloh memberikan rahmat untuk hambaNya dalam setiap urusan.

10. Alloh Ta’ala Tempat Kembali

“Maka apakah kamu mengira bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main main dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?”.
(QS Al Mu’minum : 115).

Ingat bahwa Alloh menciptakan manusia di dunia ini hanyalah sebagai ujian untuk bekal kehidupan di akherat, begitu pula dengan takdir, apapun yang dikehendaki Alloh Ta’ala akan menjadi jalan untuk manusia sebagai jalannya untuk beribadah dan mendekat padaNya.

11. Ingat Kehidupan di Akherat

Bagaimana cara kita menyikapi takdir Alloh, itulah yang akan menentukan kehidupan di akherat kelak, jika selalu percaya dan berprasangka baik pada takdir yang Alloh berikan, maka pada masa ke depannya orang tersebut akan mendapat petunjuk dan takdir yang lebih baik untuknya, baik takdir yang aan diterima di dunia maupun di akherat. “Apakah manusia mengira akan dibiarkan begitu saja tanpa pertanggung jawaban?”. (QS Al Qiyamah : 36).

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
😊❤👍