Pondok Pesantren Mahasiswa Tanwir Al Afkar

PROFIL PONDOK PESANTREN MAHASISWA TANWIR AL AFKAR

Kontak person:
Ust. Akhmad Muwafik Saleh, WA +62 813-3453-7263

Pesantren mahasiswa Tanwirul Afkar, sentra dakwah dan leadership, adalah pusat pembinaan mahasiswa berasrama untuk membangun penguatan pemahaman pemikiran keislaman dan wawasan kepemimpinan pada mahasiswa muslim melalui pendidikan keagamaan integral dan komprehensif dengan memberikan penguatan di bidang materi keagamaan yang menekankan pada implementasi akhlak mulia serta keterampilan hidup soft skill berupa kepemimpinan, kewirausahaan, kemandirian dan problem solving.

SEJARAH BERDIRINYA

Pesantren Mahasiswa tanwirul afkar pada mulanya didirikan dengan inisiatif oleh Akh. Muwafik Saleh di vila bukit tidar merjosari malang, setelah kedatangan beberapa alumni santri dari pondok pesantren mathaliul anwar sumenep yang berniat ingin melanjutkan studi di malang pada tahun 2010, namun mereka memiliki keterbatasan biaya. Akhirnya mereka ditampung di vila bukit tidar dan diadakan kegiatan keagamaan seperti ibadah, dzikir dan taklim rutin harian dengan nama pesantren mahasiswa At Tanwir. Jumlah santri pada saat itu sebanyak 15 anak terdiri dari putra dan putri.

Seiring dengan perkembangan, para santri ini diajak silaturrahim setiap malam jumat ke rumah bapak prof. Darsono (dekan fisip ub pertama) yang dilanjutkan dengan acara dzikir bersama. Dan alhamdulillah dalam kegiatan tersebut mendapat respon positif dari beliaunya, hingga menawarkan memberikan waqaf tanah untuk pengembangan pesantren.

Pada tahun 2013 alhamdulillah mendapatkan waqaf tanah dari prof darsono dan waqaf bangunan dari para dosen FISIP UB yang selanjutnya dibantu pendirian yayasan berbadan hukum dengan nama yayasan at Tanwir al Afkar. Tahap pertama pembangunan asrama baru selesai pada tahun 2014 dan menerima santri baru sejumlah 6 orang selanjutnya hingga 15 orang. Kegiatan pesantren pada saat itu lebih banyak pada program pembinaan keislaman dengan pengajian dan taklim.
Pada tahun 2017 dilakukan pembangunan tahap kedua pesantren mahasiswa untuk penyelesaian lantai 2 dan dapat dirampungkan pada april tahun 2019 dengan target jumlah santri mahasiswa sebanyak 30 orang untuk daya tampung awal.

Program selanjutnya dari pesantren mahasiswa ini akan banyak dilakukan dalam bentuk taklim, pembinaan, pelatihan ataupun daurah baik pemahaman keislaman, wawasan, pengembangan diri, leadership, kewirausahaan dan pengabdian masyarakat.

VISI PESANTREN MAHASISWA

Menjadi lembaga pesantren terbaik dalam pengembangan pemikiran, kepribadian dan kepemimpinan mahasiswa guna terwujudkan generasi muslim emas indonesia yang berakhlaq mulia

MISI PESANTREN MAHASISWA

1. Melakukan kegiatan pembelajaran keislaman yang komprehensif berwawasan ahlus sunnah wal jamaah dengan menekankan implementasi akhlaq mulia
2. Melakukan penguatan pemikiran islam yang lurus dan melakukan penyelamatan dari pemikiran yang merusak
3. Melakukan kegiatan pembinaan kepemimpinan dan kewirausahaan yang berbasis spiritual
4. Melakukan kegiatan pelatihan dan pembinaan pengembangan diri bagi generasi muda untuk mewujudkan generasi emas 2045
5. Melakukan kegiatan pengabdian dan pembinaan ummat melalui berbagai kegiatan keagamaan dan sosial.

Penawaran bagi yang hafal Qur’an.

METODE PEMBELAJARAN

Pondok pesantren mahasiswa Tanwirul Afkar memiliki kurikulum pendidikan keagamaan dan kepemimpinan integratif yang dilaksanakan setiap hari semenjak dini hari hingga malam. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran Pesantren mahasiswa adalah metode klasik berupa pengajian atau Taklim rutin dan praktek lapangan berupa penugasan kepada para santri mahasiswa guna melatih soft skill mereka dengan praktek-praktek pengabdian secara nyata.

Kajian yang dilakukan dimulai dari aktivitas ibadah yang dilaksanakan semenjak pagi hari jam 03.00 pagi berupa salat Tahajud berjamaah dilanjutkan dengan dzikir rutin dan dilanjutkan sholat subuh berjamaah dan Taklim pagi dengan Materi Ta’lim kitab antara lain : kitab jalaul Afham, Syarah kitab Aqidatul Awwam, Safinatun Najah, kaifa tusholli, Ta’lim muta’alim, jalaul Afkar dan sebagainya.

Materi penguatan berpikir atau wawasan dilaksanakan di malam hari bakda maghrib antara lain kapita selecta Islam, kitab ayyuhal walad, Arbain an nawawi, sholawat, muhadharah, dan sejarah Islam.

Selain materi rutin tersebut, dilakukan juga kegiatan pengembangan diri, kepemimpinan dan kewirausahaan dalam bentuk pelatihan atau training. Selain itu kegiatan pengabdian masyarakat berupa pembinaan pada masyarakat sekitar seperti pembinaan qori’ cilik, muslim leadership camp, pembinaan karier dunia kerja, pengembangan diri, soft skill dan daurah – daurah pemikiran.

PEMBINA :
1. Akh. Muwafik Saleh, S.sos, M.Si (Pengasuh pondok, Dosen Ilmu Komunikasi, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FISIP UB, Trainer Nasional, Penulis Buku)
2. KH. Muhammad Ja’far (Alumni Rushaifah Makkah al Mukarramah)
3. DR. Antoni (Kajur Ilmu Komunikasi FISIP UB)
4. DR. Slamet Wahyudi (PJM UB, mantan wakil dekan III FT UB)
5. Ilhamudin, S.Psi, MA (Staf Ahli Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan UB, mantan Kajur Psikologi UB)
6. Syihab Fahmi, S.Tp, M.P (dosen fakultas Tehnologi Pertanian)
7. Dll.

PROFIL SANTRI

Para santri di pondok pesantren tanwirul afkar adalah mahasiswa semua angkatan dari berbagai fakultas dan universitas yang ada di malang, yaitu Universitas Brawijaya dan Universitas Islam Negeri Maliki Malang. Target jumlah santri (tahap daya tampung awal) sebanyak 40 orang.

RENCANA PENGEMBANGAN

Rencana pengembangan ke depan, pesantren mahasiswa Tanwirul afkar akan mengembangkan diri sebagai pesantren leadership dan pusat dakwah pembinaan keummatan dan generasi muda.
Pesantren leadership ini akan dikelola sebagaimana lembaga pendidikan formal setaraf SMA yang dikerjasamakan dengan program pendidikan luar sekolah kemendiknas melalui sertifikasi ijazah kejar paket C.
Sekolah ini dirancang dan akan dilaksanakan di kota Malang, yaitu tepatnya berada di pesantren leadership “Tanwirul Afkar” Sekolah Unggulan Para Pemimpin untuk taraf SMA yaitu sekolah yang mengedepankan nilai-nilai agama, dan setara paket C. Serta dengan pengajaran 80% praktek dan 20% teori. Sehingga lulusannya diharapkan dapat memiliki karakter kepemimpinan (leadership) dalam memenangkan kompetisi internasional dan bersaing di era industri 4.0, karakter kepemimpinan yang kuat, mandiri, bertanggungjawab, dan memiliki Adab, Akhlaq dan Budi Pekerti yang baik (terhadap orang tua, guru, orang lain).

Tentang Pesantren Leadership:

Kurikulum yang kami susun mampu mempersiapkan anak didik menghadapi dan menjawab kompetisi masa depan dan tampil sebagai pemenang. Sistem pendidikan yang kami terapkan berbasis kompetensi personal dalam bingkai spiritual melalui praktik langsung dan mendorong lahirnya karya monumental sejak dini serta pengalaman interaksi dengan dunia internasional

Keunggulan Pesantren Leadership Ini :

1. Berfokus pada Adab dengan Konsep pembentukan karakter pemimpin melalui model 4735 (gambar terlampir)
2. Sehari praktek, sehari menulis
3. Memiliki karya sebelum lulus
4. Memiliki pengalaman internasional
5. Didampingi oleh para ahli, pakar berpengalaman internasional
6. Sharing dan silaturrahim tokoh
7. Setiap siswa memiliki program inspirasi implementatif
8. Sistem boarding school, berasrama, pondok pesantren
9. Kuat spiritual
10. Memiliki 2 ijazah = ijazah nasional dan ijazah kompetensi karakter kepemimpinan

Berikut ini hal-hal yang diperlukan untuk bergabung dengan Pesantren Leadership, Sekolah Para Pemimpin untuk taraf SMA

Luaran:
Pesantren leadership ini sendiri didirikan untuk dapat menghasilkan calon-calon pemimpin masa depan yang berangkat dari berbagai latar belakang, termasuk anak korban bencana. System pembelajaran yang ada dalam pesantren ini dirancang untuk mepersiapkan anak-anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang tidak hanya unggul dalam pelajaran umum, melainkan juga ungul dalam karakter dan kompetensi. Mereka akan dipersiapkan menjadi pribadi yang mandiri, berakhlak mulia, jejaring yang luas, dan dibekali ketrampilan-ketrampilan khusus guna menjawab tantangan hidup dimasa mendatang. Pesantren ini juga memiliki kekhasan, yaitu pesantren dengan nilai keunggulan meliputi : kepemimpinan, adab dan karya inspirasi.
Adapun output nyata dari proses pembelajaran dipesantren ini adalah:
1. Peserta didik akan memiliki hasil karya berupa buku yang akan diterbitkan
2. Peserta didik memiliki program inspirasi yang dapat menggerakkan atau menginspirasi masyarakat luas
3. Peserta didik akan memiliki pengalaman internasional melalui program-program kerjasama dengan lembaga atau sekolah luar negeri

Manfaat:

Target Peserta: konsep ini diharapkan dapat diterapkan kepada siswa-siswi berprestasi dan kurang mampu namum memiliki kemauan tinggi untuk belajar dan mengembangkan kapasitas dari anak-anak terkena bencana di Lombok, Sulawesi Selatan, dan Palu

Kenapa di selenggarakan di Malang? Karena adanya pengajar-pengajar professional yang berdomisili di Malang dan Bersedia untuk mengajar full day (7 hari/minggu). Disamping itu kota Malang dinilai sebagai tempat yang representatif. Disamping karena statusnya sebagai salah satu kota pendidikan, Malang juga memiliki banyak lembaga pendidikan atau kampus yang memungkinkan untuk bekerjasama dengan pesantren, baik itu untuk program-program pembelajarannya dan juga sebagai tempat mereka melanjutkan pendidikan selanjutnya setelah lulus dari pesantren.

Penjelasan Konsep

Konsep dalam pembelajarannya sendiri mendasarkan pada buku membangun karakter dengan hati nurani karya Akh Muwafik Saleh S. Sos, M. Si. Kenapa buku tersebut yang digunakan sebagai landasan? Terlebih karena konsep dalam buku tersebut yang dirasa cocok dan sesuai dengan visi pesantren, yaitu menjadi sekolah yang melahirkan calon pemimpin yang memiliki nilai ketinggian adab & karya inspirasi. Dalam buku ini sendiri diajarkan mengenai konsep utama 4735, yaitu 4 tahapan sukses, 7 sikap utama, dan 35 kompetensi yang jelas sangat diperlukan untuk menjadi seorang leader atau pemimpin.

Pendidikan pesantren ini sendiri dilaksanakan selama 3 tahun, dengan kurikulum kompetensi karakter kepemimpinan dan kurikulum nasional yang fokus pada pelajaran UN. Dengan begitu maka peserta didik akan memiliki 2 surat Tanda tamat belajar, yaitu Ijazah Paket C setara SMA dan Ijazah kompetensi karakter kepemimpinan dari pondok pesantren.

 

Gedung Pesma TANWIR AL AFKAR
Ruang Taklim
Haul, salah satu kegiatan pesma
Berbagi ilmu leadership kepada masyarakat,
Kehangatan keluarga, bagai keluarga sendiri di pesma TANWIR AL AFKAR