Sejenak Pagi #366 | Romadhon 27

Sejenak Pagi #367 | Romadhon 27

Romadhon 27, Apa itu Sombong???

Sombong itu ada 3 macam, yaitu:

  1. Sombong kepada Alloh Ta’ala. Kita malas membaca Al-Quran, malas melaksanakan shalat 5 waktu dan malas berpuasa artinya kita sudah sombong kepada Alloh Ta’ala, karena berani melanggar perintahNya.

 

  1. Sombong kepada Nabi Muhammad shallallohu ‘alaihi wasallam. Kita tidak mau melaksanakan sunnah-sunnahnya berarti kita sudah sombong kepada sang nabi.

 

  1. Sombong kepada sesama manusia dan makhluk. Kita tidak mau berteman dengan orang lain disebabkan karena orang tersebut miskin atau karena wajahnya yang jelek. Kita memamerkan handphone mahal kepada teman supaya teman memuji kita. Atau merasa sok jagoan dan membunuh binatang seenaknya tanpa alasan yang benar.

 

Semua macam-macam perbuatan sombong di atas dilarang oleh Alloh Ta’ala.

 

Lalu, apa saja sih akibat buruk di balik sifat sombong? Maribkita simak ulasannya:

 

  1. Ditutup Hatinya dari Kebenaran

Orang yang terbiasa sombong dalam kehidupan sehari-hari suatu saat hatinya akan ditutup oleh Alloh Ta’ala dari kebenaran. Ia dijauhkan dari rasa syukur dan nikmatnya beribadah. Ia tidak bisa lagi menerima suatu kebaikan dari orang lain dan akan selalu menganggap orang lain sebagai musuh yang setiap hari harus dicurigai. Hatinya sulit untuk kembali mendapatkan hidayah dari Alloh Ta’ala.

 

  1. Sulit Mendapatkan Teman Baik

Tidak ada orang baik yang ingin berteman dengan orang-orang sombong. Karena orang sombong akan selalu memuji kelebihan dirinya dan menjatuhkan orang lain sehingga orang lain tersebut hatinya tersakiti. Tidak ada satu pun teman baik yang ia dapatkan kecuali orang yang sombong dan teman-temannya itulah nanti akan menghancurkan hidupnya sendiri.

 

  1. Hidup Tidak Bahagia

Romadhon 27, Orang sombong selalu memikirkan sesuatu yang berlebihan sehingga hidupnya tidak pernah bahagia. Ketika ada seorang teman membeli barang yang lebih bagus dari miliknya, dia sakit hati. Selain itu orang sombong selalu membangga-banggakan apa saja yang sudah ia capai dan gampang sekali menghina orang-orang yang lemah. Hidup mereka tidak akan pernah bahagia, karena tidak kenal rasa syukur.

Baca Juga : Sejenak Pagi #365 | Romadhon 26

 

  1. Akan Ditimpa Azab

Orang sombong dekat dengan azab. Lihatlah apa yang sudah diceritakan Al-Quran, semuanya telah menerima azab oleh Alloh Ta’ala di atas dunia. Azab itu akan datang kembali kepada mereka ketika di akhirat. Bahkan banyak orang-orang di sekitar kita yang dulunya sehat, kaya, banyak uang, tapi sekarang jadi miskin dan hidup di kontrakan. Ini adalah bagian dari peringatan Alloh Ta’ala agar kita jangan sombong dan selalu rendah hati.

 

  1. Tidak Boleh Masuk Syurga

Rasululloh shallallohu ‘alaihi wasallam pernah mengatakan bahwa, “Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.”

 

Itulah 5 akibat buruk orang-orang yang sombong. Mereka akan mendapat balasannya di dunia dan di akhirat. Untuk itu para jauh-jauhin sifat sombong.

 

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna

Romadhon 27, Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin