Sejenak Pagi #363 | Romadhon 24

Sejenak Pagi #363 | Romadhon 24

Romadhon 24, Alhamdulillah masuk hari ke 24 bulan Romadhon, mari terus kita tingkatkan ibadah kita,  apalagi hari hari terakhir romadhon,  khusus sedekah di bulan romadhon dilipat gandakan 70 x.

 

Agama Islam sendiri juga sudah memerintahkan untuk saling tolong menolong pada sesama manusia dalam kebaikan dan sedekah yang bisa dilakukan di antaranya adalah zakat yang terkandung banyak manfaat zakat fitrah di dalamnya serta qurban.

 

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali dari bisikan-bisikan orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat kebaikan atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barang siapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Alloh, maka kami akan memberinya pahala yang besar”.

[QS. An Nissa : 114]

 

Keutamaan sedekah antara lain:

  1. Memperkuat Iman

Ibadah menjadi sarana pengabdian hamba terhadap Alloh Ta’ala dan sedekah dalam Islam menjadi salah satu perintah untuk semua umat muslim. Bersedekah yang dilakukan dengan niat ibadah pada Alloh Ta’ala akan semakin menguatkan iman pada Alloh Ta’ala.

 

  1. Menyembuhkan Penyakit

Rasululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda, “Bentengilah hartamu dengan zakat dalam Islam, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.”

(H.R. Ath-Thabrani)

 

“Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah!”

(HR. Abu Dawud).

 

  1. Meringankan Sakarotul Maut

Tidak hanya pahala sedekah di hari Jumat yang bisa kita lakukan, namun dengan melakukan sedekah sesering mungkin, ini mengartikan kita juga memperingan kepedihan yang kelak akan kita rasakan saat sakratul maut sebab dengan sedekah, maka Alloh Ta’ala akan menghilangkan perasaan dan sifat sombong dalam Islam dan egois orang yang melakukan sedekah tersebut.

Baca Juga : Sejenak Pagi #362 | Romadhon 23

Rasululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sedekah dari seorang Muslim meningkatkan (hartanya) dimasa kehidupannya. Dan juga meringankan kepedihan saat maut (Sakratulmaut), dan melauinya (sedekah) Alloh menghilangkan perasaan sombong dan egois.”

(Fiqh-us-Sunnah vol. 3, hal 97)

 

  1. Mengabulkan Hajat

Selain dengan cara banyak keutamaan shalat hajat, untuk anda yang memiliki hajat tertentu dan ingin segera dikabulkan, maka cara yang bisa ditempuh adalah melakukan sedekah. Romadhon 24

“Barang siapa berniat sedekah, kecepatan Alloh membalasnya lebih dari kecepatan gerakan sedekahnya.”

(Hadist Qudsi)

 

  1. Pemisah Diri Dari Neraka

Bersedekah yang tidak hanya bisa dilakukan dengan memberikan uang namun juga pakaian, makanan dan hal lainnya akan menjadi pemisah kita dengan api neraka saat kiamat datang.

 

Rasululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma“.

(HR. Muttafaqun ‘alaih)

 

  1. Membangun rumah di surga

Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa yang membangun masjid karena Alloh walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Alloh bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.”

(HR. Ibnu Majah)

 

Untuk itu jangan tidak sedekah,  lebih-lebih di sepuluh terakhir Romadhon.

 

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna

Romadhon 24, Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin