Sejenak Pagi #354 | Romadhon 12

Sejenak Pagi #354 | Romadhon 12

Romadhon 12, “Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Alloh dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Alloh dan ingatlah Alloh banyak-banyak supaya kamu beruntung. Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhotbah). Katakanlah: “Apa yang di sisi Alloh lebih baik daripada permainan dan perniagaan”, dan Alloh sebaik-baik pemberi rezeki.”

[QS. Al-Jumu’ah/62:9-11].

 

Imam al-Ghazali juga mengutip sebuah kaul,

“Sesunngguhnya I dekatnya manusia saat melihat Alloh nanti, tergantung dengan waktu datangnya ia saat shalat jumat.”

 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa mandi pada hari jumat sebagaimana mandi janabah, lalu berangkat menuju masjid, maka dia seolah berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua maka dia seolah berkurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) ketiga maka dia seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) keempat maka dia seolah berkurban dengan seekor ayam. Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kelima maka dia seolah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khuthbah), maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut).”  Romadhon 12

(HR. Bukhari no. 881 dan Muslim no. 850)

Baca Juga : Romadhon 11

Alhamdulillah hari jum’at hadir kembali di bulan Romadhon.

Mari membaca surat al kahfi, memperbanyak istighfar,  sholawat,  doa dan sodaqoh.

 

Semoga Alloh memudahkan kita dalam melakukan amalan-amalan mulia di hari Jum’at ini.

kita senantiasa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna

Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin. Romadhon 12