Romadhon 9

Sejenak Pagi #357 | Romadhon 9

Kewajiban orang yang berpuasa :

Orang yang berpuasa, juga lainnya, wajib menjauhkan diri dari perbuatan dusta, ghibah (menyebutkan kejelekan orang lain), namimah (mengadu domba), laknat mendo’akan orang dijauhkan dari rahmat Alloh) dan mencaci-maki. Hendaklah ia menjaga telinga, mata, lidah dan perutnya dari perkataan yang haram, penglihatan yang haram, pendengaran yang haram, makan dan minum yang haram.

*Puasa yang disunatkan :*

Disunatkan puasa 6 hari pada bulan Syawwal, 3 hari pada setiap bulan (yang afdhal yaitu tanggal 13, 14 dan 15; disebut shaumul biidh), hari Senin dan Kamis, 9 hari pertama bulan Dzul Hijjah (lebih ditekankan tanggal 9, yaitu hari Arafah), hari ‘Asyura (tanggal 10 Muharram) ditambah sehari sebelum atau sesudahnya untuk mengikuti jejak Nabi dan para sahabatnya yang mulia serta menyelisihi kaum Yahudi dan puasa sunnah Daud (sehari puasa sehari tidak puasa).

*Renungan hari ini*

Manfaatkan dan pergunakan masa hidup ini, kesehatan dan masa muda kita dengan amal kebaikan sebelum maut datang menjemput. Bertaubatlah kepada Alloh dengan sebenar-benar taubat dalam setiap waktu dari segala dosa dan perbuatan terlarang. Jagalah fardhu-fardhu Alloh dan perintah-perintah-Nya serta jauhilah apa-apa yang diharamkan dan dilarang-Nya, baik pada bulan Ramadhan maupun pada bulan lainnya.

Jangan sampai kita menunda-nunda taubat, jangan sampai mati dalam keadaan maksiat sebelum sempat bertaubat, karena kita tidak tahu apakah kita dapat menjumpai lagi bulan Ramadhan mendatang atau tidak?

Bersungguh-sungguhlah dalam mengurus keluarga, anak-anak dan siapa saja yang menjadi tanggung jawab kita agar mereka taat kepada Alloh dan menjauhkan diri dari maksiat kepada-Nya. Jadilah suri tauladan yang baik bagi mereka dalam segala bidang, karena kitalah pemimpin mereka dan bertanggung jawab atas mereka di hadapan Alloh Ta’ala. Bersihkan rumah kita dari segala bentuk kemungkaran yang menjadi penghalang untuk berdzikir dan shalat kepada Alloh.

Sibukkan diri dan keluarga kita dalam hal yang bermanfaat bagi kita dan sekitar kita. Dan ingatkan mereka agar menjauhkan diri dari hal yang membahayakan mereka dalam agama, dunia dan akhirat mereka.

Semoga kita senantiasa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berniat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

*Robbana Taqobbal Minna*

Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info

😊❤👍