Sejenak Pagi #351 | Romadhon 3

Sejenak Pagi #351 | Romadhon 3

KEKHUSUSAN DAN KEISTIMEWAAN BULAN ROMADHON

Puasa Ramadhan adalah rukun keempat dalam Islam. Firman Alloh Ta’ala :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan asas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. ”
(QS. Al-Baqarah : 183).

Sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
Islam didirikan di atas lima sendi, yaitu: syahadat tiada sembahan yang haq selain Alloh dan Muhammad adalah rasul Alloh, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Romadhon dan pergi hajike Baitul Haram. ”
(HR.Muttafaq ‘Alaih).

Ibadah puasa merupakan salah satu sarana penting untuk mencapai takwa, dan salah satu sebab untuk mendapatkan ampunan dosa-dosa, pelipatgandaan kebaikan, dan pengangkatan derajat. Alloh Ta’ala telah menjadikan ibadah puasa khusus untuk diri-Nya dari amal-amal ibadah lainnya. Firman Alloh dalam hadits yang disampaikan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Puasa itu untuk-Ku dan Aku langsung membalasnya. Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang berpuasa lebih harum dari pada aroma kesturi.”
(HR.Muttafaq ‘Alaih).

Dan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Barangsiapa berpuasa Romadhon karena iman dan mengharap pahala dari Alloh, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. ”
(HR. Muttafaq ‘Alaih).

Maka untuk memperoleh ampunan dengan puasa Romadhon, harus ada dua syarat berikut ini:

🔹Mengimani dengan benar akan kewajiban ini.
🔹Mengharap pahala karenanya di sisi Alloh Ta ‘ala.

Semoga kita senantiasa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
😊❤👍