Dakwah Total

CAHAYA FAJAR | DAKWAH TOTAL
oleh : AMS

Suatu ketika disaat Abu thalib, paman Rasulullah dalam keadaan detik-detik menjelang maut, Rasulullah datang kepadanya dan telah hadir sebelumnya Abu Jahal bin hisyam dan abdullah bin abi umayyah bin mughirah di sisi pamannya. Saat itu Rasulullah sangat berharap dengan penuh kesungguhan agar pamannya bisa mengucapkan kalimat syahadat hingga disaat detik-detik terakhir kehidupannya namun kesungguhan maksimal Rasulullah itu diingatkan oleh Allah dengan turunnya ayat Q.S. Al Qashash : 56

Bahkan keinginan dan upayanya yang kuat, total dalam dakwah itu hingga Rasulullah mendoakan pamannya agar diberi ampunan oleh Allah swt walaupun kemudian diingatkan oleh Allah dengan Firmannya QS. at taubah : 113.

Peristiwa ini memberikan sebuah kesan dan pelajaran berharga bagi kita bahwa berdakwah, berjihad, dan mengajak orang untuk menuju kebaikan haruslah total dan maksimal hingga titik darah penghabisan. jihad total, sekalipun memang hasil berupa hidayah memang berakhir pada keputusan Allah swt. Namun sunnatullah kemanusiaannya adalah kita haruslah secara maksimal, totalitas untuk berupaya melakukan perubahan kebaikan. Tidak boleh berputus asa bahkan dengan bersembunyi dibalik kata “kan… hidayah dari Allah” hanya untuk menutupi kendornya semangat dakwah kita.

Karena itu totalitaslah dalam berdakwah dan berjihad hingga kebenaran itu tampak terang benderang. Dan akhir dari semua usaha dakwah itu hanyalah saat dijemputnya ajal kita oleh Sang Pemiliknya. Teruslah berjuang dan berdakwah semoga Allah meridhoi kita.

Semoga usaha dakwah yang kita lakukan mendapatkan ridho dari Allah swt dan menggolongkan kita dalam hamba-hambanya yang mukhlashin. Aamiiin

Klik : www.insandinami.com