Tazawur Kedua Jamaah Malang Selatan

Kepanjen-Kegiatan kali ini dilaksanakan di desa Purworejo kecamatan Donomulyo, sekitar 65 kilometer dari kota Malang. Tepatnya di ponpes Adz Dzikro asuhan ustadz Sa’ad.

Acara Tazawur dimulai pada pukul 10.15 mundur beberapa saat, dikarenakan berberapa ashab yang belum tiba di lokasi sesuai jadwal, sebab jarak dan butuh waktu untuk mencari lokasinya. Setelah pembukaan dan pembacaan Fawatih, acara dilanjutkan dengan pembacaan Dzikir Jama’i dan disambung dengan pembacaan sholawat bil ikhtishor yang diiringi dengan alunan terbang/rebana oleh santri Adz Dzikro. Kemudian sambutan tuan rumah.

Dalam sambutannya, ust Sa’ad menyampaikan tentang kondisi desa Purworejo, yang terdapat 6 gereja dalam satu desa. Terdapat juga Rumah Sakit berukuran besar dan Sekolahan Umum yang untuk masyarakat desa tidak perlu membayar atau gratis.

Melihat tantangan yang besar tersebut, setelah pulang dari pesantren ust. Sa’ad bertekad untuk mendirikan pesantren. Alhamdulillah, pada tahun 2014 dimulailah pembangunan pesantren Adz Dzikro, yang peletakan batu pertamanya di lakukan oleh Abina Ihya Ulumiddin.

Saat ini pesantren sudah memiliki 14 santri Mukim dan 60 siswa Madrasah Diniyah yang berjalan setiap sore hari. Dan menjadi satu-satunya pesantren yang ada didesa Purworejo. Pada momen tazawur, ust. Sa’ad memohon doa dan dukungan kepada ashab yang hadir agar diberikan kekuatan dan keistiqomahan dalam berdakwah di desa tersebut. Dan alhamdulillah, sudah cukup banyak, masyarakat setempat yang kemudian memeluk agama Islam, dan pesantren juga menjadi tempat pembinaan muallaf di desa Purworejo.

Acara yang dihadiri oleh 15 orang ini kemudian dilanjutkan dengan pembacaan kitab Khoshoisul Ummah Al Muhammadiyyah karya Abuya Sayyid Muhammad Al Maliki Al Hasani oleh ust Dhiya, ketua Far’i Malang Selatan. Dengan bab “Mencintai karena Allah dan marah karena Nya”. Setelahnya, musyawarah. Yang hasilnya adalah, pertemuan berikutnya dilaksanakan di kecamatan Turen.

Mudah-mudahan, kegiatan tazawur di Malang Selatan bisa berjalan istiqomah dan bisa memberikan semangat berjamaah kepada jamaah yang berdomisili di area Malang Raya.

liputan oleh Ust. Agus Mustofa

tazawur kedua malangselatan
tazawur kedua malangselatan
tazawur kedua malangselatan

: