Pitutur | Jangan Merendahkan Diri

Jangan Merendahkan Diri

“Kita masing-masing mempunyai kelebihan, maka syukurilah. Jangan merendahkan diri!” (Abi Ihya)

Semua manusia dicipta memang memiliki dua hal, yakni kelebihan dan kekurangan. Tiada manusia di muka bumi ini yang tak memiliki kekurangan melainkan para Nabi saja. Juga tidak akan ada manusia di muka bumi ini yang tak memiliki kelebihan. Semua diciptakan dan di setting Allah dengan demikian supaya mereka bisa saling menutupi kekurangan masing-masing dengan saling tolong-menolong.

Seseorang yang kelihatannya sempurna, jika kita mau lebih jeli sedikit mengamati kehidupannya, akan kita dapati bahwa ia pun memiliki kekurangan ini itu yang tidak sederhana.

Sebaliknya seseorang yang kelihatannya memiliki banyak kekurangan, maka jika kita lihat dengan seksama. Ia pun juga memiliki kelebihan yang luar biasa.

Maka siapapun kita, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak percaya diri (inferiority complex). Sebab kita masing-masing punya keahlian yang tidak dimiliki orang lain. Seorang manager disebuah kantor bonafit belum tentu bisa mengurusi kebersihan rumahnya sendiri. Maka tidak ada alasan bagi pembantu rumah tangga untuk merasa rendah dengan profesinya. Sebab ia mampu dan ahli melakukan pekerjaan yang bosnya tidak mampu melakukannya.

Inilah setting kehidupan yang indah dari Allah, sehingga masing-masing dari kita, siapapun itu membutuhkan jasa pihak lain untuk meringankan bebannya.

Yang paling penting adalah, bagaimana mengusahakan menjadi ahli dalam bidangnya. Apapun bidang yang kita geluti. Dan jangan pernah meragukan potensi besar yang telah dikaruniakan oleh Allah kepada kita. Teruslah berusaha maju meraih impian dan cita-cita demi membahagiakan Allah dan Rasul-Nya.

Wallahu a’lam.