Sejenak Pagi #83 Pesan Luqman Hakim untuk anaknya Bagian-3

Sejenak Pagi #83 Pesan Luqman Hakim untuk anaknya Bagian-3

11. Wahai anakku, temanilah ulama, ahli ilmu, dekatilah mereka, sebab Alloh menghidupkan harti dengan cahaya hikmah, seperti menghidupkan tanah dengan air hujan. Wahai anakku, wajib engkau berilmu, sebab apabila engkau fakir ilmu, maka ilmu itu menjadi hartamu dan apabila engkau kaya, maka ilmu itu menjadi hiasanmu. Wahai anakku, jadilah engkau seorang ahli ilmu, penuntut ilmu, pendengar ilmu, atau sebagai orang yang mau mendekati ilmu.

12. Wahai anakku, wajib bagi setiap manusia itu pandai-pandai bergaul dengan tiga orang, yaitu : a) raja yang zalim, b) orang sakit, c) perempuan.

13. Wahai anakku, cukuplah dengan sifat qana’ah sebagai kemuliaan dan dengan jiwa yang bersih sebagai kenikmatan.

14. Wahai anakku, kasihanilah orang-orang fakir karena tidak banyak bersabar. Kasihanilah orang-orang kaya karena tidak banyak bersyukur dan kasihanilah semua orang karena mereka sering lalai.

15. Wahai anakku, jadikanlah cita-citamu itu sesuai dengan bakatmu dan janganlah engkau jadikan cita-citamu itu sesuai dengan apa yang membuat kamu cukup (padahal bertentangan dengan bakatmu).

Sedikit pesan yang Luqman berikan pada putranya. Di mana pesan itu tidak hanya tentang moral namun juga akan ketakwaaan, kemasayarakatan dan tentang ilmu. Hampir semua aspek kehidupan belaiu wasiatkan pada putranya, agar sang putra menjadi anak salih yang selalu dekat dengan Ilahi.

Petikan mutiara hikmah ini semoga juga bisa menjadi pendidikan untuk semua orang tak hanya untuk anak-anak namun juga para orang dewasa sebagai pembelajaran yang bisa diambil manfaat untuk kedepannya.

Semoga suami, istri, anak2 dan keturunan kita sholeh/sholehah.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

?❤?