Sejenak Pagi #16

Sejenak Pagi – Awas Jalan Berlubang

Agar kau selamat selama perjalananmu dimuka bumi ini maka jangan selalu mendongak ke atas, agar tidak tersandung dan terperosok.

Lorong-lorong kehidupan ini jalannya tidak landai, bahkan banyak lobang dan tidak sedikit paku yang bertaburan.

Oleh karena itu agar hidupmu tidak merana dan sengsara, tidak seperti ikan yang keluar dari air atau cacing kepanasan, karena pasti ada yang lebih kaya dari mu, ada yang lebih dari mu, sehingga bila kamu terus mendongak ke atas, hati mu akan berisi reruntuhan gedung tinggi yang akan membuat dadamu sesak dan kelak mati melarat, walau bergelimang harta.

Renungkanlah sabda Rasululloh shallallahu a’alaihi wa sallam, yang pengasih dan selalu merindukan kebaikan untuk ummatnya:
*”Lihatlah kepada orang yang lebih rendah daripada kalian dan jangan melihat orang yang lebih di atas kalian. Yang demikian ini (melihat ke bawah) akan membuat kalian tidak meremehkan nikmat Alloh yang diberikan-Nya kepada kalian”*
( HR. Muslim no:2963)

Lihatlah ke bawah!

Ada yang lebih miskin…

Ada yang lebih parah sakitnya…

Ada yang lebih buruk rupanya…

Ada yang lebih berat pekerjaannya…

Ada yang lebih besar cobaannya…

Ada yang lebih sulit hidupnya…

Pokoknya ada yang lebih rendah dari kita…

“Bila memandang sebuah gelas yang berisikan air setengahnya, maka sebagian orang berkata “Setengahnya kosong”, dan sebagian lagi berucap “Setengahnya isi”.

Termasuk orang yang manakah anda? Bila yang pertama, maka ini sebuah indikasi bahwa anda adalah orang yang hidup dengan kacamata pesimis, selalu memandang kepada kekurangan, dan biasanya orang yang seperti itu, hidupnya senantiasa berbalut kesusahan dan bermantel kesengsaraan, karena dirinya lupa memandang kepada isi yang terdapat di gelas tersebut, walaupun hanya separuh.

Adapun insan yang berkata “setengah isi”, maka ini salah satu petunjuk bahwa ia adalah orang yang optimis, karena ia memandang lewat kacamata isi, ia tidak terlalu perduli dengan setengahnya yang kosong,  karena bagaimanapun gelas itu ada isinya, dan ia berucap “Alhamdulillah, masih ada isinya.”

Semoga kita menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

?❤?

———————————
Ikuti perkembangan Persyadha terbaru melalui:
? Website: http://persyadha.org
? Video Taklim: youtube/taklimtube
? FanPage: fb/persyadha/
? Twitter: @persyadha