Sejenak Pagi #12

Sejenak Pagi – Adab bertamu dan Menerima Tamu Bagian-1

Adab bertamu dan menerima tamu dianggap sepele, akan tetapi adab  bertamu dan menerima tamu ada dasar yang melandasinya. Padahal tiap kali kita selalu melakukan baik bertamu ataupun menerima tamu karena  manusia  adalah mahluk sosial maka kita tentu tidak dapat hidup tanpa adanya interaksi dengan yang lainnya . Mari kita fahami bersama bagaimana tata cara atau adab bertamu dan menerima tamu baik dengan orang yang di kenal ataupun yang baru kenal. Dalam islam hal ini pun ada tata caranya bahkan banyak terkandung di dalam al-qur’an dan hadist .
Orang yang memiliki sikap yang baik atau akhlakul karimah pasti bersikap sesuai adab saat bertamu ataupun menerima tamu .

Adab Bertamu

Ada beberapa adab atau tatacara bertamu diantaranya yaitu :

1. Berpakain rapi dan pantas

Walaupun sepele, berpakain pantas saat bertamu berarti menghormati tuan rumah dan dirinya sendiri.
Hal ini dijelaskan di dalam QS. Al- Isra’ : 7 :
”Jika kamu berbuat baik ( berarti ) berbuat baik bagi dirimu sendiri”

2. Memberikan  isyarat dan salam ketika hendak bertamu

Sebelum kita masuk kedalam rumah orang lain atau bertamu, hendaknya kita mengucapkan salam terlebih dahulu.
Hal ini juga di jelaskan dalam QS An- Nur : 27:
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat”

Dan Hadist nabi juga menjelaskan :
”Bahwasannya seorang laki-laki hendak meminta izin ke rumah Nabi Muhammad saw sedangkan Beliau (Nabi) berada di dalam rumah. Katanya “Bolehkah aku masuk ” lalu Nabi Muhammad saw bersabda kepada seorang  pembantunya , “Temuilah orang itu dan ajarkan padanya cara minta izin dan katakanlah kepadanya agar mengucapkan ” Assalamu’alaikum, bolehkah aku masuk ?”Lelaki itu mendengar apa yang di katakan Nabi muhammad saw lalu ia langsung berkata .”Assalamu’alaikum bolehkah aku masuk ?” Nabi Muhammad saw memberi izin dan masuklah ia”
(HR.Abu Dawud)

3. Jangan mengintip ke dalam rumah

Sebelum kita di perbolekan untuk masuk ke dalam rumah seseorang, maka kita jangan mengintip seperti yang terkandung di dalam Hadist yang diriwayatkan ole Imam Bukhari dari sahl bin sa’d :
” Sahl bin sa’d berikata :” ada seseorang laki-laki  mengintip pada sebuah lubang pintu rumah, Rasulullah saw bersabda:” jika aku tahu engkau mengintip niscaya aku colok matamu. Sesungguhnya Alloh memerintahkan untuk minta izin itu adalah karena untuk menjaga pandangan mata. (HR.Bukhari )

Semoga kita menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

?❤?

———————————
Ikuti perkembangan Persyadha terbaru melalui:
? Website: http://persyadha.org
? Video Taklim: youtube/taklimtube
? FanPage: fb/persyadha/
? Twitter: @persyadha