Ringkasan Taklim – Sunan Tirmidzi 27 Desember 2017

بسم الله الرحمن الرحيم
 
? *SUNAN TIRMIDZI – MNH PUJON*
Rabu 8 Robiul Tsani 1439 / 27 Desember 2107
 
Rangkuman Ta’lim Abina KH. M. Ihya ‘Ulumiddin
 
BAB TENTANG AWAL DATANGNYA ISLAM DALAM KEADAAN ASING DAN AKAN KEMBALI MENJADI ASING
 
Islam awalnya adalah asing dalam segi KWANTITAS akan tetapi luar biasa dalam KWALITAS. Kemudian islam menyebar dan menjadi terkenal.
 
Bahkan dalam masa keemasaan islam, SUNNATULLOH berjalan di muka bumi ini. Tapi justru ketika islam telah sempurna maka kemudian sedikit demi sedikit kemurnian islam mulai luntur,
 
Sebagaimana kaidah mengatakan:
إذا تم شيئ نقص.
 
Dan justru yang memegang islam dengan baik adalah sangat sedikit, Dan yang lebih banyak adalah golongan إمعة (norok buntek) jika manusia baik maka mereka ikut-ikutan baik.
 
Jika manusia buruk ikut-ikutan buruk, Dan pergeseran nilai agama telah menggerogoti kaum muslimin sedikit demi sedikit, Akan tetapi akan tetap ada yang menjaga kemurniaan islam yakni golongan yang berkwalitas tinggi.
 
Prinsip islam adalah ”WASYATIYAH” أمة وسطا.
 
Tidak berlebihan dan tidak teledor,
Tidak inklusif dan tidak exklusif,
Tidak kebarat-baratan dan tidak ketimur-timuran.
 
Maka jika hal tersebut dijaga, tidak akan ada aliran ISLAM LIBERAL ataupun ISLAM EXTREM. Ajaran islam adalah ROHMATAN LIL’ALAMIN ( prinsip kasih sayang ). Tidak mengajarkan takfir, mencacat, mencela dan lain-lain. Tapi tidak pula menganggap remeh setiap hukum dalam islam .
 
Awal islam menjadi salah satu kekuatan dunia berawal dari MEKKAH yang menjadi muqoddimah dakwah, dan kemudian terhimpun di MADINAH yang disinalah muncul SAHABAT-SAHABAT ROSULULLOH yang mempunyai kwalitas yang sangat luar biasa, sehingga islam dapat menyebar ke
seantero dunia .
 
Pada zaman sekarang ini kita harus benar-benar menjaga prinsip keislaman ini, sebab sekarang adalah zaman campur aduk seperti tercampurnya sepiring bubur dengan sedikit kotoran.
 
Oleh karena itu dalam menjaga kwalitas islam, maka butuh kaderisasi .
 
Abuya Sayyid Muhammad al-Maliki mengatakan :
 
Hendaklah bagi tiap kader muslim harus mempunyai 3 prinsip penting: 1- SEMANGAT. 2- JUJUR. 3- IKHLAS
 
Dan pesan Abuya bagi kader-kader islam adalah:
 
مازلت طالبا.
Sampai kapanpun kalian tetap santri
 
Dan setiap kader muslim harus siap khidmah kepada seluruh kaum muslimin. Dan bagi setiap kader harus berhati-hati dari menjual agama demi kepentingan dunia.
Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda :
 
Sesungguhnya agama ini akan kembali ke HIJAZ (Mekkah Madinah) Sebagaimana ular yang kembali kedalam lubangnya untuk menguatkan dirinya. Dan agama ini akan berbenteng di HIJAZ Sebagaimana kambing-kambing betina yang berbenteng di atas gunung. Dan Sesungguhnya agama ini datangnya dalam keadaan asing dan akan kembali asing, maka berbahagialah golongan yang asing. (Hadits Imam Tirmidzi Nomor 2554)
 
Yakni golongan yang memperbaiki dari apa saja yang telah manusia rusak dari sunnah-sunnahku.
و الله يتولى الجميع برعايته
Talkhis by _Ammi Baihaqi_
 
————————————————–
Visit: persyadha.org
Video Taklim: youtube/taklimtube
FanPage: fb/persyadha/