Langkah Utama Menuju Sekolah Berkualitas

Mengelola sekolah agar berkwalitas dapat dijalankan oleh semua pihak jika mereka memahami langkah yang harus diupayakan, baik secara individu maupun secara berjama’ah. Berikut merupakan langkah-langkah sederhana untuk mewujudkan sekolah berkualitas.

#Pertama, para pengelola membenahi SDM internal. SDM internal terdiri atas:
a. Jika dari pihak swasta berupaya yayasan atau perkumpulan, jika pihak sekolah pemerintah dinas pendidikan.
b. Para guru
c. Komite Sekolah
d. Partnership Sekolah
e. Para Wali Murid

#Kedua, jalin komunikasi dan shilaturrahim ke semua pihak secara efektif, bermakna dan terus menerus yang terdokumebtasi secara fisik.

#Ketiga, buatlah pembagian tugas semua unsur yang mendukung sekolah.

#Keempat, buatlah kebijaksanaan semua unsur diterima peluang membuat ajuan perencanaan dan program serta sekaligus menjalankan seoptimal dan sebaik mungkin.

#Kelima, selalu membuat peta kekuatan internal dan eksternal. Memahami kekuatan internal sebagai modal utama. Bermusyawarah untuk mengoptimalkan potensi internal. Sedangkan kekuatan eksternal dapat dijadikan partner dan peluang kerja sama.

#Keenam, semua yang ada di sekolah ditata menuju prestasi.

#Ketujuh, mulai dari yang bisa, yang kecil dan sederhana. Ngak perlu yang muluk-muluk karena nanti hanya jadi omdo, omong doang.

#Delapan, hindari sekolah bermasalah. Sekecil apapun masalah akan menjadi hambatan.

#Kesembilan, jalin sinergi dengan sekolah lainnya. Sebaiknya ndak perlu menjadikan sekolah lain sebagai saingan namun sebaiknya diposisikan, disikapi sebagai partnership.

#Kesepuluh, lakukan pembinaan berkelanjutan, kontrol semua potensi, rawat dan optimalkan.

Semua sekolah akan menjadi berkualitas jika para pemimpin di sekolah memiliki arah menuju kemaslahatan sekolah. Tulisan sederhana ini semoga bermanfaat. (Imam Mawardi)